• ...learn how to express correctly...

  • Tanggalan

    Januari 2011
    S S R K J S M
    « Des   Feb »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Kategori

  • Tweeted

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • Arsip

Kuku dan Kesehatan: Kenali Tanda-tandanya

Apakah Anda tahu bahwa kuku anda dapat mengungkapkan petunjuk bagi kesehatan Anda secara keseluruhan? Warna dan bentuk kuku yang tidak semestinya bisa menjadi tanda penyakit dalam tubuh. Penyakit hati, paru-paru, dan jantung dapat bermanifestasi di kuku anda. Tapi tidak semua tanda dibawah ini merupakan tanda pasti, untuk lebih lanjut temuilah dokter anda.

Kuku Pucat

Kuku yang sangat pucat atau putih terkadang berkaitan dengan penuaan. Namun keadaan tersebut juga bisa menjadi tanda dari penyakit yang lebih serius, seperti:

  • Anemia
  • Congestive heart failure/ Gagal jantung kongestif
  • Penyakit hati
  • Malnutrisi



Kuku Putih

Jika sebagian besar kuku berwarna putih dengan tepi luar lebih gelap, maka keadaan ini dapat mengindikasikan masalah hati, seperti hepatitis. Dalam gambar ini, terlihat juga jari yang kuning, yang merupakan tanda lain dari masalah hati.

Kuku Kuning

Salah satu penyebab paling umum dari kuku kuning adalah infeksi jamur. Sejalan dengan memburuknya  infeksi, alas kuku akan mengalami retraksi, dan kuku menjadi tebal dan rapuh. Dalam kasus yang jarang terjadi, kuku kuning dapat menunjukkan kondisi yang lebih serius, seperti penyakit tiroid tahap lanjut, penyakit paru-paru, diabetes atau psoriasis.

Kuku Kebiruan

Kuku dengan warna kebiru-biruan bisa berarti tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Ini bisa mengindikasikan adanya kelainan di paru-paru atau jantung. Dasar kuku yang berwarna sedikit kebiruan dapat menjadi tanda dari diabetes.

Kuku Dengan Permukaan Tidak Rata

Jika permukaan kuku bergelombang atau berlubang-lubang, maka keadaan ini mungkin merupakan tanda awal dari psoriasis atau arthritis inflamasi. Keadaan ini sering disertai perubahan warna kuku, kulit di bawah kuku dapat terlihat coklat-kemerahan. Psoriasis merupakan penyakit kulit yang sekitar 10% nya juga bermanifestasi di kuku.

Kuku Retak Atau Terbelah

Kuku yang kering, rapuh sehingga sering retak atau terbelah dikaitkan dengan penyakit tiroid. Kuku yang retak atau terbelah disertai dengan rona kekuningan lebih mungkin disebabkan karena infeksi jamur.

Bengkak Di Lipatan Kuku-kulit (nail fold)

Jika kulit di sekitar kuku tampak merah dan bengkak, maka keadaan ini dinamakan peradangan lipatan kuku. Keadaan ini mungkin disebabkan oleh lupus atau gangguan jaringan ikat lainnya.

Clubbing Nail*

Disebut juga clubing finger atau jari tabuh, gambaran jari seperti stik drum, mendatarnya sudut lipatan kulit-kuku kemudian kuku menjadi melengkung. Keadaan ini menggambarkan keadaan hipoksia kronis, dan dapat berhubungan dengan banyak penyakit antara lain penyakit paru dan jantung.

Garis Hitam Di Bawah Kuku

Garis hitam di bawah kuku harus diperiksakan sesegera mungkin. Keadaan ini terkadang disebabkan oleh melanoma, jenis yang paling berbahaya dari kanker kulit.

Bekas Gigitan Pada Kuku

Menggigit kuku Anda mungkin hanyalah suatu kebiasaan lama, namun dalam beberapa kasus keadaan ini bisa menjadi tanda kecemasan terus-menerus yang butuh pengobatan. Menggigit atau mencabuti kuku kadang terkait dengan gangguan obsesif-kompulsif. Jika Anda tidak bisa berhenti menggigiti kuku, ada baiknya anda berdiskusi dengan dokter.

Meskipun perubahan kuku dapat menyertai berbagai kondisi, perubahan pada kuku jarang menjadi tanda yang pertama muncul. Banyak kelainan kuku tidak berbahaya – contohnya, tidak semua orang dengan kuku yang putih mengidap hepatitis. Jika Anda khawatir tentang perubahan pada kuku anda, maka temuilah dokter.

*) tambahan dari penulis…

Sumber:

Slideshow: What Your Nails Say About Your Health

http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/slideshow-what-your-nails-say-about-your-health?ecd=wnl_day_011811

23 Tanggapan

  1. asslm.wr.wb … klo ciri 2x nya gk ada yg seperti diatas tanda’a apa ,,,,, ????

    • wa’alaikum salaam warohmatulloohi wabaarokaatuhu..
      kalau tidak ada perubahan pada kuku anda Insya Alloh anda sehat2 saja..kalo terjadi perubahan yang bukan salah satu diatas..silakan hubungi dokter terdekat untuk informasi lebih lanjut…:)
      thx 4 visiting…

  2. kukuny rata, tp ad titik titik lubang kecil kaya jerawat, itu tandany apa?

    • jika hanya sebuah lubang dan tidak berulang..maka tidak masalah, namun jika lubang itu banyak dan berulang mengenai satu kuku saja ada kemungkinan kuku tsb terkena infeksi paling sering infeksi jamur, jika mengenai seluruh kuku berarti ada proses lain yang mengganggu pembentukan kuku tsb,…sebaiknya anda membawanya ke dokter untuk diperiksa…

  3. check your nail now……

  4. asaalamualaiku wr..br..
    saya mau tanya anak saya yg berumur 10 thn kukunya gak pernah tumbuh udah berapa tahun ini, persisnya sih saya gak begitu ingat udah berapa tahun. kulit disekitar kukunya selalu terkelupas, keadaannya sama dengan kuku kakinya..
    tolong ya bu

    • wa’alaykum salaam warohmatullah..
      utk kasus ini sebenarnya infonya harus lengkap..minimal utk bisa membedakan penyebab tidak tumbuhnya kuku..apakah penyebabnya lokal atau sistemik.., juga diperlukn pemeriksaan fisik di tempat (seharusnya) tumbuhnya kuku (nail bed) tersebut..sebaikny ibu dan anak ibu menemui dokter kulit
      sebagai gambaran: jika tidak tumbuhnya hanya di satu tempt maka kmungkinan penyebabnya lokal bisa krn rusaknya nail bed akibat trauma atw infeksi dll…
      namun jika yg tidak tumbuh ad dibbrp tempat maka harus diperiksa lebih seksama krn ada kmungkinan penyebabny bersifat sistemik..wallohu a’lamu

  5. Makasih infonya :)
    Semua kuku saya berlubang dan nggak rata. Persis sama gambar di atas. dan dijelaskan kalau itu tanda2 psoriasis atau arthritis inflamasi. Itu bahayakah? Saya jadi ngeri :(

  6. psoriasis utamanya merupakan kelainan pada regenerasi kulit, tanda di kuku hanya lah tanda yang sering menyertai tapi bukan alasan utama jadi bukan sebagai alasan utama untuk menentukan apakah anda terkena psoriasis atau tidak..,
    tanda lain yang harus lebih diwaspadai adalah adanya penebalan kulit disertai kulit yang terkelupas, kadang berwarna kemerahan..di daerah siku, lutut, batas rambut di kepala.

  7. Ass,.
    Dok, kuku sya tdk rata ada gris vrtikalny. Dlu tdk bgtu ini trjdi sktr4thun yg llu. Ada gjla apa yh, tp dr rwyat sya prnh ada gjla bronitis&jntung tp sy blm prnh mmrkskn kuku sya, klo sy mw mmrikskan ny sy hrs k spesialis apa…? Trmksh.

    • wa’alaykum salaam…
      yg perlu diingat adalah gejala dikuku bukanlah gejala utama..apalagi jika yg terkena hanya satu kuku…gejala lain harus dicari…untuk penyakit jantung dan paru ada gejala khusus dan tanda2 dari pemeriksaan dokter yg ditemukan..jika ingin periksa kuku anda, anda dpt pergi ke dr sp kulit dan kelamin, jika ingin check up jantung dan paru anda bisa ke internist…wallahu a’lamu

  8. selamat pagi dok, kuku jempol kaki saya ada gari vertikalnya seperti gambar di atas, tapi tidak seterang itu, ada di kedua kuku jempol kaki, apa itu bisa dibilang klo saya menderita penyakit serius? karena sebelum ini saya tidak memperhatikan artikel2 seperti ini, jadi saya hanya berpikir klo hal seperti ini hanya biasa. mohon penjelasannya, terimakasih…

    • tanda tersebut bukan tanda absolut, tanda tersebut dapat muncul dan dapat pula tidak muncul pada penyakit2 diatas.., jika tidak ada keluhan lain dan gejala pada kuku tidak bertambah berat, kemungkinan besar itu hanya variasi normal saja..
      Wallaahu A’lamu

  9. Selamat sore Dok, maaf sy mau tlg tanya baru 2 hari ini kuku jempol kaki sy ujung pojok kiri (utk kaki kiri) dan pojok kanan (utk kaki kanan) menghitam dgn diameter msg2 5mm. Apakah ini berbahaya Dok? Tidak ada rasa sakit/gatal. Mohon infonya. Sekian dan terimakasih. Wasalam, Esther

  10. kuku jempol kaki kanan saya ada garis hitam dan kaki terasa sakit, knapa ya dok..

  11. kuku telunjuk tangan kanan ada garis kehitaman.. garisnya ngga sehitam gambar diatas.. lebih buram gitu warnanya.. kenapa ya dok?? bukan melanoma kan dok?? :”( oh iya ngga ada sakitnya juga

  12. Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat…
    Menjaga kesehatan kuku merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dijaga, karena kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan bagian tubuh lainnya, maka dari itu kesehatannya harus dijaga dengan baik. Jika kuku mengalami kerusakan dan rapuh, bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan mengkonsumsi suplemen yang dapat membantu menjaga kesehatan kuku anda :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: