• ...learn how to express correctly...

  • Tanggalan

    September 2016
    S S R K J S M
    « Des    
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  
  • Kategori

  • Tweeted

    Error: Please make sure the Twitter account is public.

  • Arsip

“Tahukah Anda Cara Menurunkan Kolesterol ?”

Kuning Telur

Kuning telur memiliki dua lemak yang bisa berdampak buruk bagi jantung Anda: kolesterol dan lemak jenuh. Sedangkan Putih telur tidak memiliki lemak apapun bahkan mengandung banyak protein. Jadi, jika Anda punya kolesterol tinggi, jangan makan lebih dari 200 miligram kolesterol per hari. Jumlah itu setara dengan satu kuning telur lebih sedikit. Sebaiknya anda tidak makan lebih dari dua buah kuning telur per minggu. Hal itu juga akan mengurangi asupan lemak jenuh anda.

Susu VS Kopi-Kreamer

Susu hanya mengandung sepertiga dari lemak jenuh dalam bubuk kreamer atau dalam kopi-kreamer. Jika Anda menyukai kopi Anda menjadi “putih” (dengan penambahan kreamer-pent.) – dan anda meminumnya 2-3 cangkir – maka lemak jahat tersebut dapat bertambah dengan cepat.

Santan

Santan bisa menambah rasa gurih pada makanan. Namun konsumsi santan berlebihan dapat menumpuk lemak jenuh di tubuh anda.

Olahraga Moderat

Jalan cepat merupakan salah satu aktifitas yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik. Olahraga ini bahkan sangat baik untuk menurunkan trigliserida, yang merupakan lemak tidak sehat dalam darah anda, hingga sekitar 20% -30%. Lakukanlah olahraga intensitas sedang setidaknya 30 menit, lima hari seminggu. Olahraga intensitas sedang ditandai dengan keluarnya keringat dan peningkatan denyut jantung anda contohya berjalan, atau bersepeda dan bahkan menyapu daun secara cepat. Jika tidak punya banyak waktu anda dapat membagi latihannya menjadi 3 kali 10 menit per hari.

Sumber Kolesterol

Hati memproduksi sekitar 75% dari kolesterol anda. Kita membutuhkan kolesterol untuk membuat beberapa sel dan hormon, dan untuk banyak fungsi penting lainnya. Sekitar 25% sisanya berasal dari apa yang anda makan. Makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans – seperti keripik kentang, es krim, dan makanan olahan lainnya – tidak baik bagi anda jika anda mencoba untuk menurunkan kadar kolesterol. Karena tubuh anda dengan mudah mengkonversi makanan tersebut menjadi kolesterol.

Diet Mediterania Vs Diet Rendah Lemak Vs Diet Rendah Karbohidrat

Diet tipe mediterania lebih baik dalam hal menurunkan kolesterol dibanding hanya diet rendah lemak saja. Diet tipe ini terdiri dari ikan, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Diet ini juga menurunkan risiko penyakit jantung.

Diet rendah karbohidrat mungkin dapat menurunkan berat badan anda namun anda dapat mengkonsumsi lebih banyak lemak jenuh karena konsumsi daging yang lebih banyak pada diet tipe itu. Dan hal itu bisa membuat kolesterol Anda naik.

Serat Larut Air

Mengkonsumsi gandum dapat menurunkan kolesterol Anda. Gandum memiliki serat larut air, yang dapat melarutkan kolesterol jahat ( LDL). Hanya dengan menambahkan 5-10 gram serat larut air per hari – setara dengan satu atau dua buah apel besar dengan kulitnya – dapat menurunkan LDL sebesar 5%. Serat larut air juga terdapat dalam berbagai buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan optimal dari fiber, anda setidaknya mengkonsumsi  10 sampai 25 gram sehari.

Menurunkan Berat Badan

Jika anda kelebihan berat badan, maka menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) Anda. Kolesterol mulai turun ketika Anda kehilangan 10% dari berat badan Anda.

Cara Kerja Statin

Salah satu golongan obat kolesterol yang sering digunakan adalah golongan statin, misalnya simvastatin. Statin mencegah hati untuk membuat kolesterol. Obat ini juga membantu hati anda untuk menghilangkan beberapa kolesterol jahat (LDL )dalam darah.

Kacang Ft. Jantung

Kacang mengandung serat larut air, yang membantu menurunkan kolesterol, serta mengandung lemak omega-3 yang baik untuk jantung anda. Pisang juga baik untuk anda. Hanya saja pisang tidak banyak membantu dalam masalah kolesterol anda karena ia tidak mengandung lemak yang baik untuk jantung. Namun keduanya lebih baik daripada makanan olahan, walaupun makanan olahan tersebut mencantumkan slogan rendah garam dan lemak.

diterjemahkan sebisanya dari :

Quiz: Do You Know How to Lower Cholesterol?

http://www.webmd.com/cholesterol-management/rm-quiz-lower-cholesterol?ecd=wnl_chl_120412&ctr=wnl-chl-120412_ld-stry&mb=

“Hal-hal Kecil Seputar Flu”

Vitamin C dan Flu

Mengkonsumsi vitamin C tidak akan membantumu menghindari flu, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu memperpendek lama flu jika anda terkena lagi. Tapi jangan berebihan. Terlalu lama mengkonsumsi suplemen dapat mengakibatkan kram perut dan diare. Usahakan tidak lebih dari 2000 mg perhari. Jika anda pernah menderita batu ginjal maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter anda sebelum mengkonsumsi vitamin C

Tidak Nafsu Makan

Untuk membantu sistem kekebalan anda melawan flu, penting untuk tidak melewatkan waktu makan, bahkan dalam kondisi sakit sekalipun, bahkan walaupun sedang tidak lapar. Pastikan untuk makan karena hal itu akan membantu pemulihan kondisi tubuh. Pastikan anda minum cukup cairan, untuk mengganti cairan yang hilang melalui batuk, demam atau kongesti di saluran nafas.

Olahraga Yang Teratur

Olahraga yang teratur akan menjaga sistem kekebalan tubuh anda tetap kuat, dann dapat membantu anda menghindari flu yang berat. Anda juga akan memperpendek masa sakit anda. Boleh-boleh saja berolahraga dalam keadaan flu ringan. Tapi jika anda mengalami demam, nyeri di seluruh sendi, nyeri kepala maka anda sebaiknya beristirahat untuk memperbaiki kondisi anda.

Decongestan

Hidung mampet bisa mengakibatkan sumbatann pada telinga anda. Jika anda merasa telinga anda nyeri atau “penuh”, maka anda bisa menguranginya dengan obat yang mengandung decongestan.

Jus Jeruk dan Batuk

Jika anda batuk maka jangan menambah iritasi pada tenggorokan anda. Anda harus tetap banyak minum. Jangan mengkonsumsi jus yang mengandung asam sitrat (seperti jus jeruk), karena walaupun vitamin C baik bagi tubuh anda, namun asam sitrat akan memperburuk batuk anda.

Efek Withdrawal Pada Spray Decogestan

Spray decongestan dapat mengurangi sumbatan pada hidung, tapi obat ini memiliki efek withdrawal saat anda tidak menggunakannya lagi. Efek withdrawal akan mengakibatkan sumbatan hidung yang lebih berat dari sebelumnya dan akan timbul jika anda menggunakan spray decongestan lebih dari 3 hari berturut-turut.

Sup dan Teh

Beberapa makanan seperti teh dan sup akan memperkuat badan anda ika sakit, dan keduanya dapat meredakan beberapa gejala flu. Uap dari sup dan teh dapat melancarkan saluran hidung. Kedua makanan itu akan menjaga anda terehidrasi, dan meredakan nyeri tenggorokan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sup ayam dapat mengurangi reaksi radang.

Sinusitis

Ingus yang keluar dari hidung anda dapat berwarna kuning, putih, atau bahkan hijau saat anda flu. Jika ada nanah di ingus anda, lebih dari satu minggu, atau jika anda merasakan nyeri di gigi atau wajah lebih dari seminggu (terutama jika hanya satu sisi saja) maka hubungilah dokter untuk memeriksakan kemungkinan sinusitis.

Kapan Menular?

Anda dapat menularkan flu bahkan sebelum anda tahu anda terkena flu. Fase menular flu dimulai dari satu hari sebelum gejala muncul sampai sekitar lima hari kemudian. Anak-anak memiliki fase menular lebih lama yaitu hingga satu minggu atau lebih.

dterjemahkan secara bebas dari sumber:

Cold and Flu Remedies: What Works?

http://www.webmd.com/cold-and-flu/rm-quiz-cold-flu-remedies?ecd=wnl_day_111012&ctr=wnl-day-111012_ld-stry&mb=

“Perbedaan Lemak dan Kolesterol”

Pernahkan anda dibingungkan oleh istilah kolesterol, lemak, lipid, trigliserid, adiposa, fat…? penjelasan berikut diharapkan dapat menyederhanakan istilah-istilah tersebut. Dan karena saya masih belajar, mohon dibenarkan jika terdapat kekeliruan….

Lipid adalah sebuah istilah yang diberikan untuk kelompok lemak (fat) dan substansi mirip lemak (fatlike substance) dimana semuanya bersifat tidak larut dalam air dan larut dalam pelarut nonpolar (seperti alkohol, ether, chloroform, benzene). Ada juga istilah lipid kombinasi, contohnya antara lain glikolipid, lipoprotein, fosfolipid.

 Lemak atau fat atau adiposa, adalah ester dari gliserol dan asam lemak. Secara kimia kata lemak adalah untuk senyawa triasilgliserol atau trigliserida. Trigliserid atau triacylglycerol merupakan ester gliserol dengan tiga asam lemak. Asam lemak yang biasanya dikenal adalah asam oleat, palmitat, atau stearat (ketiganya merupakan salah satu komponen asam lemak pada lemak jaringan tubuh). Lemak yang merupakan bentuk simpanan lemak dalam tubuh juga dalam bentuk trigliserida ini dan biasa disebut adiposa. Jenuh tidaknya lemak tergantung dari asam lemaknya.

 Sterol adalah bagian dari steroid, dan merupakan substansi mirip lemak. Kolesterol adalah sejenis sterol yang tinggi pada hewan dan merupakan prekursor asam empedu dan hormon steroid serta komponen penting dalam membran sel. Kata “kole (chole)” berasal dari bahasa yunani yang berarti empedu. Kolesterol dihasilkan di hati dan jaringan lain, namun dapat juga berasal dari diet sehari-hari. Kolesterol diangkut dalam plasma darah oleh lipoprotein (lipid kombinasi, gabungan lipid dan protein) tertentu. Baik tidaknya kolesterol tergantung dari lipoprotein yang membawanya. Kolesterol yang terakumulasi secara abnormal antara lain membentuk batu empedu dan ateroma (plak dalam pembuluh darah).

 

Lipid

Lemak / Trigliserida

Lemak jenuh (saturated fat): jika semua asam lemaknya adalah asam lemak jenuh

Lemak tidak jenuh (unsaturated fat): jika mengandung asam lemak tidak jenuh

Lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat)

Lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat)

Substansi mirip lemak

Steroid

Sterol

Kolesterol

– “Baik”/  kolesterol HDL

– “Jahat”/ kolesterol LDL

dll

Hormon gonad

Hormon adrenocortical

dll
dll

 

Sumber:

Wikipedia, Dorland Med Dict, Beiks Med Dict, Tabers cyclopedic med dict, Mosby med dict

“High heels” dan Kesehatan Kaki

Menggunakan sepatu yang sempit atau juga sepatu dengan tumit tinggi (high heels) dapat meningkatkan resiko sejenis tumor di kaki.

Neuroma Morton (atau interdeigital neuropathy), merupakan tumor jinak yang terkait dengan penggunaan high heels dan sepatu dengan bagian jari (bagian depan) yang sempit –

oleh karenanya wanita lebih beresiko 8 sampai 10 kali dibanding pria.

Pada kasus ini terjadi penebalan jaringan disekitar saraf yang menuju jari ke tiga dan keempat. Penderita akan merasa nyeri seperti menginjak kerikil.

Sering memposisikan jari secara abnormal juga rentan terhadap neuroma ini, contohnya pe-golf yang sering memuntir kakinya setelah memukul.

Jadi berapa ukuran High heels maksimal..? Dua inchi sudah terlalu tinggi untuk High heels, walaupun banyak sepatu dengan tinggi tumit mencapai 5 – 8 inchi. Tumit yang terlalu tinggi mengakibatkan masalah kesehatan di tumit, engkel bahkan lutut.

Diterjemahkan secara bebas dari :

Quiz: What’s Causing Your Aching Feet?

http://www.webmd.com/pain-management/rm-quiz-foot-pain?ecd=wnl_cbp_061412

Aturan Lutut “Ottawa” dan “Pittsburgh”

Aturan lutut “Ottawa” merupakan panduan yang dikembangkan di Canada,

untuk membantu dokter dalam memutuskan kapan menggunakan radiografi pada pasien dengan cedera lutut.

Aturan tersebut telah diuji secara klinis dan tampaknya dapat menurunkan penggunaan radiografi sendi lutut yang tidak perlu, memperbaiki waktu pengambilan keputusan dan juga biaya tanpa merugikan pasien ataupun misdiagnosis adanya fraktur.

Fraktur hanya terdapat pada 6% dari kasus trauma. Aturan Ottawa ini memiliki sensitivitas 97% dan spesifisitas 27% dan menurunkan penggunaan sinar X pada lutut sebesar 28%. Sedangkan aturan Pittsburgh memiliki sensitifitas 99% dan spesifitas 60% serta murunkan penggunaan sinar X pada lutut sebanyak 52%.

Penggunaan sinar X hanya dilakukan pada pasien dengan 1 atau lebih keadaan berikut:

  • Usia 55 tahun atau lebih
  • Nyeri hanya di patella (tidak ada nyeri di bagian lain)
  • Nyeri di caput fibulae
  • Tidak dapat menekuk lutut 90 derajat
  • Tidak dapat menahan berat badan dengan dua kaki baik secara tiba-tiba maupun sebanyak 4 langkah saat di UGD (4 langkah= langkah kaki bergantian)

Aturan “Pittsburgh”  lebih baik dari “ottawa”, namun keduanya sama-sama menurunkan penggunaan radiografi yang tidak perlu.

Syarat aturan “Pittsburgh” adalah digunakan pada kasus “trauma tumpul” atau “jatuh” sebagai mekanisme cederanya, dan disertai salah satu keadaan berikut:

  • Usia < 12 tahun atau > 50 tahun
  • Tidak dapat menahan berat badan sebanyak 4 langkah di UGD (langkah kaki bergantian)

Sumber:

diterjmahkan secara bebas dari : Skyscape’s Archimides 360 Medical Calculator

“Aspirin Dosis Rendah dan Mortalitas Kanker”

Abstrak

Tujuan

Aspirin dosis rendah merupakan salah satu cara mencegah penyakit kardiovaskuler dan kematian akibat penyakit tersebut. Data meta-analisis pasien terbaru dari 8 percobaan akan aspirin dosis rendah dan dosis tinggi, dengan follow-up jangka panjang, menunjukkan adanya penurunan mortalitas pasien kanker. Kami bertujuan untuk menentukan apakah mortalitas kanker juga berkurang dengan aspirin dosis rendah jangka pendek.

Metode

Kami melakukan pencarian komprehensif terhadap 10 database elektronik sampai desember 2011. Kami melakukan meta-analisis menggunakan data dari seluruh randomized control trial yang mengevaluasi aspirin dosis rendah (75-325 mg) harian. Kami mengambil data mortalitas penyakit non kardiovaskuler dan mortalitas kanker. Kami menyatukan penelitian2 tersebut menggunakan random-effects model dan melakukan meta-regression. Kami melengkapinya dengan meta analisis kumulatif dan analisis monitoring trial sequential.

Hasil

Dua puluh tiga penelitian melaporkan adanya kematian nonvaskuler. Terdapat 944 kematian nonvaskuler dari 41,398 (2.28%) pasien yang mendapatkan aspirin dosis rendah dan 1074 kematian nonvaskuler dari 41,470 (2.58%) pasien yang tidak mendapatkan terapi aspirin. Resiko relatif kematian nonvaskuler adalah 0.88 (95% confidence interval [CI], 0.81-0.96, I2 = 0%). Sebelas penelitian menyertakan data yang mengevaluasi mortalitas kanker pada 16,066 pasien. Terdapat 162 kematian karena kanker dari 7998 (2.02%) pasien dengan aspirin dosis rendah dan 210 dari 8068 (2.60%) pasien tanpa aspirin, yang dilaporkan pada follow-up setelah 2.8 tahun. Resiko relatif mortalitas kanker adalah 0.77 (95% CI, 0.63-0.95, I2 = 0%). Beberapa penelitian menunjukkan efek terapi signifikan setelah follow-up selama 4 tahun. Analisa dengan ukuran informasi optimal tersebut menunjukkan bahwa jumlah pasien yang diacak telah mencukupi untuk meyakinkan bukti akan peran preventif aspirin dosis rendah pada kematian nonvaskuler.

Kesimpulan

Kematian nonvaskuler, termasuk kematian pada kanker, berkurang dengan pemberian aspirin dosis rendah.

 

Diterjemahkan semampunya dengan beberapa penyesuaian dari:

Low-dose Aspirin and Cancer Mortality: A Meta-analysis of Randomized Trials, http://www.amjmed.com/article/S0002-9343(12)00094-0/fulltext

Untuk sumber yang lebih akurat harap merujuk ke URL diatas.

BEBERAPA HAL TENTANG OLAHRAGA FITNESS

No Pain No Gain

Benarkah..? tidak…Latihan yang benar tidak akan membuatmu sakit. Jika anda pemula, maka mulailah dengan perlahan. Sedikit nyeri otot normal pada awalnya, jadi jangan jadikan ia alasan untuk berhenti dari latihan. Namun jika nyeri yang timbul hebat, maka berhentilah sementara sampai nyerinya hilang. Jika tidak hilang, maka temuilah ahli medis sebelum mulai latihan lagi.

Tipe Latihan

Tipe latihan yang lengkap meliputi tiga tipe latihan berbeda: aerobik/cardio (misal: berjalan, jogging, bersepeda, berenang, tenis, basket), latihan kekuatan (misal: angkat beban), dan latihan flaksibilitas (misal: yoga). Aerobik atau “cardio” akan menambah kekuatan jantung dan paru, latihan kekuatan atau “ketahanan” membantu memperkuat otot dan tulang, juga membantu dalam keseimbangan dan koordinasi, latihan fleksibilitas dapat meningkatkan lingkup gerak (range of motion) dan mengurangi resiko cedera.

Urutan Baku Latihan

Tidak ada urutanbakuuntuk latihan cardio dan kekuatan, tergantung dari tujuanmu. Jika daya tahan adalah tujuannya maka lakukan cardio dulu. Jika ingin memperkuat otot atau membakar kalori, lakukan latihan ketahanan dulu. Yang terpenting adalah mendapatkan kedua tipe latihan tersebut secara cukup setiap minggunya.

Aktivitas Intensitas Sedang

Memotong rumput dapat digolongkan sebagai latihan dengan intensitas sedang jika dilakukan selama 10 menit atau lebih. Intensitas sedang adalah jika kau masih bisa berkata namun tidak lagi dapat berirama, intensitas berat adalah jika kau bernafas dalam dan cepat sehingga tidak dapat berkata kata kecuali beberapa kata saja.

Lama Latihan

CDC merekomendasikan latihan setidaknya 150 menit untuk aerobik intensitas sedang atau 75 menit untuk intensitas berat, atau kombinasi keduanya. Total waktu ini dapat dibagi rata minimal 10 menit sekali latihan. orang dengan kondisi medis tertentu dan orang usia lebih dari 45 tahun harus berkonsultasi dulu dengan tenaga kesehatan sebelum memulai program latihan.

Pemanasan dan Pendinginan

Pemanasan dan pendinginan penting dilakukan. Pemanasan akan mencegah cedera dan pendinginan akan membantu pemulihan lebih cepat. Lakukan pemanasan dengan aerobik ringan sehingga dirasa laju nafas dan nadi anda sedikit meningkat, dan anda mulai sedikit berkeringat. Lakukan pendinginan dengan meneruskan latihan yang anda lakukan namun dengan intensitas yang rendah. Lakukan pendinginan selama 5-10 menit. Engkau akan mendapatkan manfaat pada sistem kardiovaskuler mu jika denyut jantung mu meningkat 50% sampai 80% dari denyut jantung maksimal. Denyut jantung maksimal mu adalah 220 dikurangi usia.

Minum

Penting untuk tetap terhidrasi sebelum dan selama latihan. Cairan membutuhkan waktu untuk sampai dalam seluruh sistem tubuhmu. Minumlah sekitar 600 ml air dua/tiga jam sebelum latihan dan tambahkan sekitar 200 ml lagi sekitar 25 menit sebelum mulai latihan. Minum sekitar 300 ml setiap 10 sampai 20 menit selama latihan.

Latih Otot Sampai Titik Lelahnya

Melatih otot anda hingga titik lelahnya merupakan cara yang bagus untuk menambah kekuatan dan tonus otot. Mulailah dengan satu set (repetisi 8 atau 12 kali) kemudian tingkatkan perlahan. Sekali anda dapat melakukan pengulangan 12 kali secara sempurna, naikkanlah beban ada secara bertahap. Pastikan untuk mengangkat secara perlahan dan pastikan postur dan posisi tubuh anda benar selama latihan, karena tekhnik yang salah bisa mengakibatkan cedera.

Waktu Latihan

Waktu terbaik untuk latihan tidak harus di pagi hari. Kapanpun kau bisa maka jadikan waktu itu waktu rutin dan regulermu. Penelitian menunjukkan bahwa tubuh anda akan menyesuaikan dengan waktu olahraga mu (yang rutin/reguler)

Sumber:

Diterjemahakn semampunya dengan sedikit penyesuaian dari:

Quiz: Fitness Dos and Don’ts, http://www.webmd.com/fitness-exercise/rm-quiz-fitness-dos-donts?ecd=wnl_wlw_060612