• ...learn how to express correctly...

  • Tanggalan

    Agustus 2010
    S S R K J S M
    « Jul   Sep »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • Kategori

  • Tweeted

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • Arsip

Sholat Orang Dalam Perjalanan (Musafir) -Bag. 2

Jarak Perjalanan Bolehnya Dilakukan Qoshor
Para ulama banyak berbeda pendapat dalam pembatasan jarak dimana sholat itu bisa diqoshor, sampai-sampai Ibn Mundzir dan selainnya dalam masalah ini telah menukil lebih dari 20 perkataan, dan yang rojih (kuat) : “Bahwasanya pada asalnya tidak ada batasan untuk masalah tersebut, melainkan hanyalah arti safar (berperjalanan) itu sendiri dalam bahasa arab yang mana Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wasallama telah bersabda dalam bahasa arab, jikalau ada batasan ukuran jarak perjalanan selain arti safar tersebut tentunya Beliau Shollallohu ‘alaihi wasallama sama sekali tidak akan melupakannya, dan para sahabat tentu tidak akan terlewat untuk menanyai hal ini pada Beliau Shollallohu ‘alaihi wasallama, dan tidaklah mereka bersepakat untuk tidak menyampaikan adanya pembatasan kepada kita” (Al-Muhalla 5/21)

Tempat Yang Boleh Dilakukan Qoshor
” Jumhur ulama mengatakan bahwa mengqoshor sholat disyariatkan pada orang yang tidak bermukim serta keluar dari kota/negeri nya dan hal ini merupakan syarat qoshor, dan tidak menyempurnakan sholatnya (menjadi 4 rokaat) hingga menemui rumah pertama di kota/ negerinya. Berkata Ibn Mundzir: dan aku tidak mengetahui Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wasallama mengqoshor sholat dalam beberapa perjalanannya kecuali setelah Beliau Shollallohu ‘alaihi wasallama keluar dari Madinah, dan Anas berkata: aku sholat dzuhur bersama Nabi Shollallohu ‘alaihi wasallama di Madinah empat rakaat dan di Dzul Hulaifah dua rakaat. (Fiqh Sunnah 240, 1/241; Riwayat Bukhori 2/569/1089)

Seorang Musafir Jika Bepergian Untuk Suatu Urusan Hendaknya Mengqoshor Sholat Selama Belum Tegak Urusannya Hingga Dia Keluar Dari Urusan Tersebut
Dari Jabir berkata: “Nabi Shollallohu ‘alaihi wasallama berperang Tabuk selama dua puluh hari dalam keadaan beliau mengqoshor sholat” (Shohih Sunan Abu Dawud 1094).
Ibnu Qoyyim berkata: dan Nabi Shollallohu ‘alaihi wasallama tidak bersabda janganlah seseorang mengqoshor sholatnya jika urusannya lebih dari itu (dua puluh hari-pent), namun (jumhur-pent.) telah bersepakat lamanya urusan adalah demikian (dua puluh hari-pent.) (Fiqh Sunnah 1/241)
Jika seseorang telah menentukan untuk menyelesaikan urusannya maka hendaklah ia sempurnakan sholatnya setelah sembilan belas hari, maka seperti yang dikatakan Ibn Abbas Rodliyallohu ‘anhumaa: “Nabi Shollallohu ‘alaihi wasallama melakukan qoshor di sembilan belas hari, maka kami jika beperrgian selama sembilan belas hari maka kami mengqoshor, dan jika melebihi itu kami menyempurnakan sholat kami” (Shohih Bukhoriy 2/561/1080; Irwaa-ul Gholiil 575)

Salah satu sebab untuk mengumpulkan antara dua sholat adalah safar, dari Anas berkata: Nabi Shollallohu ‘alaihi wasallama jika berangkat sebelum condongnya matahari maka Beliau Shollallohu ‘alaihi wasallama mengakhirkan Dzuhur ke waktu Ashar kemudian beliau turun (dari kendaraan beliau -pent.) dan beliau mengumpulkan keduanya, dan jika matahari telah condong sebelum beliau berangkat maka beliau sholat dzuhur kemudian beliau berangkat (Muttafaq ‘alaih)
dan dari Muadz: bahwasanya Nabi Shollallohu ‘alaihi wasallama pada perang tabuk jika beliau berangkat sebelum condongnya matahari beliau mengakhirkan dzuhur hingga mengumpulkannya (jama’) dengan Ashar, beliau sholat kedua sholat itu, dan jika beliau berangkat setelah condongnya matahari maka beliau sholat dzuhur dan ashar kemudian beliau bepergian, dan jika beliau berangkat sebelum maghrib maka beliau mengakhirkan maghrib sampai beliau sholat maghrib bersama isya, dan jika beliau berangkat setelah maghrib maka beliau menyegerakan isya dan beliau sholat isya bersama dengan maghrib (Shohih Sunan Abu Dawud 1067)

Walloohu Muwaffiq Ilaa Kulli Khoirin…
mohon jika ada kesalahan harap diluruskan
Sumber: diterjemahkan dari : Al-Wajiiz Fii Fiqh Sunnah Wa Al-Kitaab Al-Aziiz, Syaikh Abdul Adhziim Al-Badawiy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: