• ...learn how to express correctly...

  • Tanggalan

    Oktober 2010
    S S R K J S M
    « Sep   Nov »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031
  • Kategori

  • Tweeted

    Error: Please make sure the Twitter account is public.

  • Arsip

LIPID

Istilah lipid digunakan secara umum pada lemak atau substansi serupa lemak. Lemak tidak larut dalam air, namun larut dalam ether, chloroform, benzene, dan pelarut lemak lainnya. Sewaktu hidrolisis, lemak akan dipecah menjadi asam lemak dan gliserol (senyawa alkohol). Lemak dapat terhidrolisis oleh zat asam, alkali, enzim lipase, dan uap yang sangat panas. Dalam molekul lemak, satu molekul gliserol berpasangan dengan tiga asam lemak. Tiga asam lemak, yakni asam oleat, asam stearat dan asam palmitat merupakan komponen sebagian besar asam lemak pada lemak murni yang ditemukan di jaringan tubuh. Menurut kombinasi asam lemak dengan gliserol, maka lemak tersebut secara berurutan adalah triolein, tristearin, dan tripalmitin. Ketiga lemak tersebut merupakan lemak utama yang berada dalam makanan. Fungsi lemak yang paling utama adalah sebagai simpanan energi. Bersama dengan karbohidrat, lemak merupakan penghemat protein (karena protein tubuh tidak seharusnya digunakan untuk produksi energi). Simpanan glikogen mencukupi untuk menyokong kebutuhan energi selama sekitar 12 jam, namun pada orang dengan BB rata-rata 70 kg, 12 kg cadangan lemak (dalam bentuk trigliserid) dapat menyokong kebutuhan energi selama 8 minggu. Lemak subkutan berfungsi sebagai sekat pencegah kehilangan panas, dan beberapa organ seperti mata dan ginjal juga dilapisi oleh lemak. Fosfolipid digliserida merupakan bagian dari seluruh membran sel. Diet lemak menyediakan kebutuhan asam lemak esensial untuk pertumbuhan normal.

Asam lemak tertentu (linoleat, d-linolenat, dan arakidonat) dibutuhkan untuk pembentukan struktur tertentu didalam tubuh dan karena tubuh tidak memproduksi asam lemak tersebut, maka asam lemak tersebut digolongkan ke dalam asam lemak esensial. Asam linolenat dapat diubah menjadi asam lemak lain termasuk asam arakidonat. Asam arakidonat sangat penting karena sangat esensial dalam pembentukan prostaglandin, thromboxan, prostacyclin, dan leukotrien. Ketiga asam lemak tersebut dapat diperoleh dalam diet tumbuh-tumbuhan. Hewan yang diberikan makan bebas lemak dapat mengalami dermatitis dan gagal tumbuh; hati akan mengalami perlemakan dan terdapat gangguan saraf. Keadaan-keadaan tersebut dapat dicegah atau disembuhkan dengan penambahan asam linoleat dan asam linolenat ke dalam makanan. Makanan sehari-hari seharusnya menganding sekitar 4% kalori dari asam linoleat dan 1% kalori dari asam linolenat. Di dalam lambung, lemak yang teremulsi seperti krim atau kuning telur akan dipecah oleh enzim lipase gaster; namun, sebagian besar lemak dicerna di usus halus, dimana enzim lipase pankreas akan menghidrolisis lemak tersebut menjadi asam lemak dan gliserol. Garam didalam empedu bukan merupakan enzim, garam tersebut mengemulsi lemak dan mempermudah lipase pankreas untuk memecahnya. Garam empedu kemudian akan melarutkan lemak dalam air sehingga lemak tersebut dapat diserap. Pada mukosa usus halus, asam lemak dan gliserol akan bergabung menjadi lemak murni, kemudian akan bergabung dengan protein untuk membentuk kilomikron (chylomicrons), yang kemudian akan memasuki pembuluh kapiler limfe di usus (lacteal). Dalam bentuk ini, kilomikron akan diangkut ke dalam sistem limfatik melalui pembuluh limfe ke ductus thoracicus, yang akan bermuara ke aliran darah. Lemak yang telah diserap tersebut akan digunakan dalam beberapa jalur:
1. Dioksidasi menjadi karbon dioksida dan air untuk menghasilkan energi,
2. Disimpan dalam jaringan adiposa untuk menghasilkan energi kemudian,
3. Dirubah menjadi fosfolipid untuk membran sel
4. Dirubah menjadi kelompok asetil untuk sintesis kolesterol, yang akan digunakan untuk memproduksi steroid lainnya
5. Digunakan untuk membuat sekret seperti pada kelenjar sebum

Hasil metabolisme antara:
Dalam proses oksidasi lemak menjadi karbon dioksida dan air, terbentuklah beberapa substansi antara (yaitu keton). Terutama adalah asam asetoasetat, asam betahidroksibutirat dan aseton. Produksi benda keton berlebihan, yang timbul saat lemak-lemak tersebut tidak teroksidasi secara sempurna, dinamakan ketosis. Keadaan ini muncul terutama jika terdapat gangguan dalam metabolisme karbohidrat seperti pada diabetes. Ketosis juga dapat timbul pada kasus kelaparan, demam tertentu, toksemia kehamilan, dan hipertiroidisme. Ketosis dapat menghasilkan asidosis.

Disamping lemak yang diserap dari usus halus, tubuh juga menghasilkan lemak dari konversi karbohidrat (glukosa) atau kelebihan asam amino menjadi lemak. Asam lemak tidak dapat diubah secara langsung menjadi glukosa, namun asam lemak tersebut harus dipecah menjadi dua kelompok asetil 2 karbon yang akan masuk ke dalam siklus krebs dan oleh karenanya memiliki fungsi penghasil energi yang sama seperti karbohidrat. Lemak memiliki nilai kalori yang tinggi, sekitar 9 kcal per gram, bandingkan dengan karbohidrat dan protein yang hanya sebesar 4 kcal per gram. Ahli nutrisi dan epidemiologi percaya bahwa penurunan diet lemak dari 40% ke 30% akan menurunkan resiko terkena kanker, khususnya kanker usus besar, payudara, dan prostat. Disamping nilai nutisinya, lemak juga menambah kelezatan dan aroma makanan, menghasilkan nafsu makan, dan karena kandungan kalorinya yang tinggi maka digunakan dalam diet tinggi kalori. Substansi lemak pengganti bebas-gemuk yang dinamakan ”designer fats” telah diteliti selama beberapa dekade ini. Apakah substansi tersebut akan menghasilkan makanan dengan kandungan kalori yang lebih rendah dari pada lemak sekarang masih belum bisa ditentukan.

Lemak tubuh merupakan bagian dari tubuh manusia yang terdiri dari lemak. Banyaknya bagian ini dapat diperkirakan dengan banyak cara:
1. Menentukan densitas tubuh dengan menimbang berat badan didalam air (hidrodensitometri)
2. Menghitung perbandingan berat dalam kilogram dengan tinggi dalam meter kuadrat (index quetelet)
3. Dan yang terbaru dengan memperkirakan tahanan bioelektrik tubuh.
Tidak satupun dari metode-metode tersebut yang menjadi indikator paling tepat untuk komposisi tubuh, namun, tahanan bioelektrik tubuh merupakan caya yang paling sederhana, murah dan hampir mendekati akurat.

Jaringan adiposa lemak coklat utamanya terdapat pada bayi aterm yang baru lahir. Lemak ini terletak didekat pembuluh darah utama. Lemak ini menghasilkan panas dari metabolismenya dan oleh karenanya merupakan faktor penting dalam pengaturan suhu. Seiring dengan bertambah dewasanya bayi, maka “menggigil” kemudian menjadi sebuah sarana untuk mengontrol temperatur badan. Kemudian lemak coklat akan mengecil atau menjadi lemak putih.

Asam lemak tak jenuh merupakan asam organik yang mana beberapa atom karbonnya berhubungan dengan karbon lain melalui ikatan ganda, sehingga mengandung jumlah atom hydrogen yang kurang dari jumlah maksimal. Contoh asam lemak ini adalah asam oleat dan linoleat. Asam lemak jenuh adalah asam lemak dimana atom karbon satu dengan yang lainnya terhubung melalui ikatan tunggal, contohny asam lemak stearat.

Lemak Trans
Merupakan lemak yang didapatkan dari proses hidrogenasi parsial minyak sayuran. Seperti minyak sayur dan margarin. Proses hidrogenasi parsial tersebut merubah beberapa ikatan tak jenuh menjadi ikatan jenuh. Semakin banyak asam lemak trans dalam makanan, maka akan semakin tinggi kolesterol serum dan kolesterol LDL. Beberapa penelitian telah mengaitkan konsumsi lemak trans dengan meningkatnya resiko penyakit jantung koroner. Lemak ini juga harus dikurangi pada penyakit hepatitis dan diet rendah lemak.

Diterjemahkan dari:
Taber’s Cyclopedic Medical Dictionary, 21/e (Tabers21™) , Fat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: