• ...learn how to express correctly...

  • Tanggalan

    Desember 2010
    S S R K J S M
    « Nov   Jan »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
  • Kategori

  • Tweeted

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • Arsip

Sebab Rasa Lelah Dan Kantuk Dan Bagaimana Cara Memperbaikinya

Sebab Pertama: Kurang Tidur

Ini penyebab yang jelas, namun terkadang memang anda terlalu sedikit tidur. Hal tersebut dapat berpengaruh buruk pada kesehatan dan konsentrasi anda. Orang dewasa seridaknya tidur sekitar tujuh sampai delapan jam tiap malamnya. Perbaikan: Utamakan waktu tidur anda dan jadikanlah ia teratur. Jauhkan laptop, handphone dan PDA dari tempat tidur anda. Masih menemukan masalah? Temuilah dokter, mungkin anda mengalami gangguan tidur.

Sebab Kedua: Sleep Apnea

Beberapa Orang mengira telah tidur cukup, namun mereka mengalami sleep apnea dalam tidur mereka. Sleep apnea akan menghentikan pernafasan anda secara singkat di malam hari. Tiap kali terhenti maka akan membangunkan anda sejenak, namun mungkin anda tidak menyadarinya. Hasilnya, anda merasa kurang tidur walaupun telah menghabiskan delapan jam di tempat tidur. Perbaikan : Turunkan berat badan anda, jika berlebih, dan berhentilah merokok. Dan tidurlah dengan alat atau  posisi yang dapat menjamin kelancaran jalan nafas anda di malam hari.

Sebab Ketiga: Kurang Bahan Bakar

Makan terlalu sedikit dapat menyebabkan kelelahan, namun makan makanan yang salah juga dapat menjadi masalah. Makan makanan yang seimbang dapat menjaga gula darah anda dalam batas normal dan mencegah rasa lemas ketika gula darah anda turun. Perbaikan: Selalu sarapan dan cobalah untuk makan makanan mengandung protein dan karbohidrat kompleks tiap waktu makan. Contohnya, makanlah telur dengan kentang. Juga makanlah daging dan makanan ringan di siang hari untuk mendukung energi anda.

Sebab KeEmpat: Anemia

Anemia merupakan penyebab kelelahan terbanyak pada wanita. Kehilangan darah menstruasi dapat menyebabkan defisiensi besi, yang dapat menyebabkan wanita beresiko anemia. Sel darah merah dibutuhkan  karena fungsinya untuk mengangkut oksigen ke jaringan dan organ. Perbaikan: Untuk anemia yang disebabkan kekurangan zat besi, dapat ditanggulangi dengan mengkonsumsi suplemen besi dan makan makanan yang banyak mengandung zat besi seperti daging (bukan lemak), hati, kerang, buncis, dan sereal yang diperkaya zat besi.

Sebab KeLima: Depresi

Anda mungkin berfikir bahwa depresi hanya merupakan gangguan emosi, namun ia berperan dalam bayak gejala fisik juga. Kelelahan, sakit kepala, dan hilang nafsu makan adalah diantara gejala yang sering dijumpai. Jika anda merasa lelah dan ”down” hingga lebih dari beberapa minggu, maka kunjungilah dokter. Perbaikan: Depresi dapat membaik dengan psikoterapi dan/atau obat.

Sebab KeEnam: Hypothyroidism

Thyroid adalah kelenjar di dasar leher anda. Kelenjar ini mengatur metabolisme anda, kecepatan dimana badan anda merubah bahan bakar menjadi energi. Jika kelenjar ini kurang aktif  dan fungsi metabolisme sangat lambat, maka anda mungkin merasa lemas dan bertambah berat  badan. Perbaikan: Jika uji laborat darah menunjukkan bahwa hormon tiroid anda rendah, maka hormon sintetis dapat mengembalikan kecepatan metabolisme anda.

Sebab KeTujuh; Kelebihan Caffeine

Caffeine dalam dosis menengah.dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Namun jika terlalu banyak, akan meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan tidak bisa tenang. Dan penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak caffeine akan menyebabkan kelelahan pada beberapa orang. Perbaikan: Kurangi kopi, teh, coklat, minuman ringan, dan obat-obatan yang mengandung caffeine secara bertahap. Menghentikan caffeine dengan tiba-tiba dapat menyebabkan gejala caffeine withdrawal dan kelelahan yang bertambah.

Sebab KeDelapan: ISK Yang Tersembunyi

Jika anda pernah terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK), maka anda mungkin pernah mengalami sensasi rasa seperti terbakar dan keinginan untuk terus kencing. Namun infeksi ini tidak selalu menunjukkan diri dengan gejala yang jelas. Pada beberapa kasus, kelelahan bisa jadi menjadi satu-satunya tanda. Uji air seni dapat dengan cepat menentukan ada tidaknya ISK. Perbaikan : Antibiotik merupakan obat ISK, dan rasa lelah tersebut biasanya akan hilang dalam seminggu.

Sebab KeSembilan: Diabetes

Orang dengan diabetes mempunyai kadar gula darah yang tinggi di dalam darah namun tidak masuk ke dalam sel tubuh, dimana gula tersebut akan diubah menjadi energi. Akibatnya tubuh akan kehabisan tenaga walaupun makan cukup. Jika anda mengalami kelelahan yang terus menerus dan tidak dapat dijelaskan sebabnya, maka hubungilah dokter dan mintalah pendapatnya untuk pemeriksaan diabetes. Perbaikan: Penatalaksanaan untuk diabetes meliputi perbaikan gaya hidup seperti makanan dan latihan, terapi insulin dan obat-obatan yang membantu tubuh untuk memproses gula.

Sebab KeSepuluh : Dehidrasi

Kelelahan anda dapat menjadi tanda dehidrasi. Baik anda bekerja di luar ruangan maupun dibalik meja, tubuh anda memerlukan air untuk dapat bekerja baik dan menjaga tubuh agar tetap dingin. Jika anda haus, maka anda sebenarnya sudah mengakami dehidrasi. Perbaikan: Minumlah air sepanjang hari hingga air seni anda berwarna cerah. Minumlah setidaknya dua gelas atau lebih air tiap jam sebelum memulai aktifitas fisik. Kemudian, minum sedikit selagi bekerja dan setelahnya minumlah lagi dua gelas.

Sebab KeSebelas: Penyakit Jantung

Jika kelelahan melanda selama aktifitas tiap harinya, seperti sewaktu membersihkan rumah atau menyiangi halaman, hal tersebut bisa menjadi sebuah tanda bahwa jantung anda tidak lagi mampu bekerja pekerjaan tersebut. Jika anda menyadari bahwa pekerjaan yang dulunya mudah sekarang menjadi sulit diselesaikan, maka berbicaralah dengan dokter anda mengenai penyakit jantung. Perbaikan: Perubahan pola hidup, obat-obatan, dan prosedur terapi tertentu dapat mengontrol penyakit jantung dan mengembalikan energi anda.

Sebab KeDua Belas: Gangguan Tidur Akibat Rotasi Kerja

Bekerja di malam hari atau giliran kerja dapat mengganggu jam didalam tubuhmu. Anda akan merasa lelah saat bangun. Dan anda dapat mengalami masalah tidur di siang hari. Perbaikan: Batasi paparan terhadap sinar matahari jika anda ingin beristirahat. Buatlah kamar anda gelap, tenang, dan dingin. Masih mengalami masalah tidur? Konsultasikanlah dengan dokter anda. Beberapa suplemen dan obat dapat membantu.

Sebab KeTiga Belas: Alergi Makanan

Beberapa Dokter percaya bahwa alergi makanan yang tersembunyi dapat membuat anda mengantuk. Jika kelelahan anda bertambah setelah makan, maka anda mungkin memiliki intoleransi ringan terhadap suatu makanan –tidak cukup kuat untuk menyebabkan bersin dan gatal, hanya menyebabkan kelelahan. Perbaikan: Cobalah untuk memilah makanan saat dimana anda merasa kelelahan itu meningkat. Anda juga dapat menanyakan pada dokter mengenai uji alergi makanan.

Sebab KeEmpat Belas: CFS Dan Fibromyalgia

Jika kelelahan anda berlangsung lebih dari enam bulan dan sangat berat sehingga anda tidak dapat mengatur aktifitas harian anda, kemungkinan anda mengalami chronic fatigue syndrome atau fibromyalgia. Keduanya dapat memiliki berbagai gejala, namun secara persisten, kelelahan yang tidak jelas merupakan satu yang utama. Perbaikan: Saat ini tidak ada perbaikan yang cepat untuk CFS ataupun fibromyalgia, pasien seringkali merasakan perbaikan setelah mengganti jadwal harian mereka, mempelajari sikap tidur sehat, dan mulai menjalani program latihan ringan.

Untuk Kelelahan Ringan

Jika anda mengalami kelelahan yang tidak berkaitan dengan kondisi medis tertentu, maka solusinya boleh jadi adalah olah raga. Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang sehat namun sering lelah dapat memperoleh tambahan energi dari program latihan sederhana. Dalam satu penelitian, partisipan mengendarai sepeda statis selama 20 menit dengan langkah ringan. Dengan melakukan hal ini hanya tiga kali dalam seminggu cukup untuk melawan kelelahan.

Sumber : WebMD

http://www.webmd.com/sleep-disorders/slideshow-causes-of-fatigue-and-how-fight-it?ecd=wnl_day_103010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: