• ...learn how to express correctly...

  • Tanggalan

    Desember 2010
    S S R K J S M
    « Nov   Jan »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
  • Kategori

  • Tweeted

    Error: Please make sure the Twitter account is public.

  • Arsip

Vaksin Pneumococcus

Streptococcus pneumoniae adalah penyebab terpenting infeksi pada anak, utamanya pada anak berusia <2 tahun. Infeksi yang diakibatkan antara lain meningitis, septicaemia, pneumonia dan otitis media. Sebuah vaksin yaitu 7-valent killed conjugate pneumococcal vaccine (7vPCV) telah dipergunakan. Vaksin ini efektif melawan penyakit pneumococcal yang invasif (Invasive Pneumococcal Disease-IPD) yang disebabkan oleh tujuh serotype vaksin. Vaksin ini juga aman dan efektif untuk usia diatas 2 tahun, walaupun resiko IPD pada usia lebih dari 2 tahun telah menurun. Sebenarnya ada dua vaksin pneumococcal, yakni: polyvalent polysaccharide vaccine yang dibuat untuk melawan 23 serotipe yang berperan dalam > 80% kasus infeksi pneumococcal yang serius dan ada 2 macam conjugated vaccine yang melawan 7 serotipe dan 13 serotipe.

Conjugated vaccine direkomendasikan untuk semua anak dari usia 6 minggu hingga 59 bulan. Penggunaan vaksin 13 serotipe dianjurkan, karena akan melindungi dari 6 serotipe yang tidak ada pada vaksin 7 serotipe. Jika telah diberikan vaksin 7 serotipe, maka pemberian selanjutnya dapat diganti dengan vaksin 13 serotipe tanpa harus mengulang dari awal. Jadwal pemberiannya adalah:

–         Usia 2, 4, dan 6 bulan secara rutin. Pemberian booster (dosis ke-4 = ditahun ke 2 (12 bulan-15 bulan)) tidak terlalu dipertimbangkan perlu untuk semua bayi, namun masih dilakukan penelitian mendetail tentang hal ini.

–         Jika diberikan 6 bulan, maka bayi harus mendapatkan 3 seri dosis primer dengan jarak 2 bulan, kemudian dosis ke 4 pada usia 12-15 bulan.

–         Jika diberikan diantara 7 dan 11 bulan, maka diberikan 2 seri dosis primer dan diberikan booster.

–         Jika diberikan antara 12 dan 23 bulan, maka diberikan 2 dosis dan tidak diberikan booster.

–         Jika diberikan pada usia 24 bulan – 9 tahun, maka anak mendapatkan 1 dosis saja.

Polysaccharide vaccine tidak efektif pada anak usia < 2 tahun, namun dapat mengurangi bakteremia pneumococcal pada dewasa sekitar 50%. Tidak ada catatan untuk angka kejadian pneumonia. Proteksi vaksin ini biasanya akan hilang setelah bertahun-tahun, namun pemberian vaksinasi ulang pada usia 5 tahun dianjurkan pada orang dengan kerentanan tinggi terjadinya infeksi pneumococcus. Polysaccharide vaccine diindikasikan untuk dewasa 65 yr dan usia 2 – 64 tahun dengan kerentanan yang menungkat, serta sebelum splenektomi. Vaksin ini tidak dianjurkan pada anak usia < 2 tahun atau yang hypersensitive terhadap komponen vaksin.

Anak yang beresiko terkena infeksi pneumococcus diberikan dosis keempat pada usia sekitar 1 tahun. Anak-anak tersebut memiliki kondisi medis yang dapat mempermudah terjadinya IPD (invasive pneumococcal disease). Anak-anak tersebut antara lain: chronic lung disease, trisomi 21, diabetes tergantung-insulin, sindrome nefrotik, gangguan sistem immun dan bayi prematur yang dilahirkan sebelum usia kehamilan 28 minggu. Anak-anak tersebut juga diberikan 23-valent polysaccharide pneumococcal vaccine pada usia 4–5 tahun.

Sumber:

Paediatric Handbook (PedsHbk™)

Merck Manual of Diagnosis and Therapy (Merck_Manual™)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: