• ...learn how to express correctly...

  • Tanggalan

    Desember 2010
    S S R K J S M
    « Nov   Jan »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
  • Kategori

  • Tweeted

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • Arsip

12 Diet Utama Untuk Anda Yang Baru Saja Menjadi Ibu (Ibu Menyusui)

Bagi anda yang baru saja menjadi seorang ibu, salah satu hal penting untuk anda lakukan untuk diri dan bayi anda adalah mengkonsumsi makanan yang sehat.

Mungkin anda sedang menjalani program penurunan berat badan akibat kehamilan, namun dengan mengkonsumsi makanan yang memberikan energi secara teratur akan memberikan stamina yang anda perlukan untuk menjadi seorang ibu terbaik bagi si bayi. Dengan mengkonsumsi makanan kaya nutrisi dengan jarak yang teratur sepanjang hari dapat memaksimalkan sedikit energi yang anda miliki.

Dan untuk ibu yang menyusui, ketahuilah bahwa kualitas air susu anda kurang lebih tetap sama tanpa memperhatikan apa yang anda makan. Hal ini disebabkan karena jika anda tidak mencukupi nutrisi yang dibutuhkan dari makanan, maka tubuh anda akan menyediakan nutrisi ASI tersebut dari simpanan dalam tubuh anda. Maka untuk kesehatan anda, hal yang terbaik adalah anda mendapatkan nutrisi (didalam ASI) yang dibutuhkan bayi anda dengan mengkonsumsi berbagai makanan sehat untuk mendukung kualitas ASI anda.

Jika 12 makanan dibawah ini telah menjadi bagian dari makanan anda secara teratur maka tubuh anda, dan bayi anda, akan sangat berterima kasih.

1. Salmon

Tidak ada makanan sempurna. Namun Ikan Salmon merupakan makanan pemberi energi yang hampir sempurna untuk seorang ibu yang baru saja melahirkan. Salah satu makanan ibu menyusui terbaik ini, seperti halnya lemak ikan lainnya, mengandung lemak yang dinamakan DHA. DHA sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi anda. Setiap ASI mengandung DHA, namun kadar lemak esensial ini lebih tinggi pada ibu yang mengkonsumsi DHA di dalam makanan mereka.

DHA dalam salmon juga membantu dalam masalah mood anda. Berbagai studi menunjukkan bahwa zat ini berperan dalam mencegah depresi pasca melahirkan (postpartum depression).

Peringatan: Panduan FDA mengatakan bahwa wanita menyusui harus membatasi konsumsi ikan dengan kadar merkuri rendah, maksimal 12 Ons per minggu, karena potensi paparan merkuri. Salmon memiliki kandungan merkuri yang lebih rendah dibandingkan dengan hiu, ikan todak, king mackarel, atau tilefish.

2. Produk susu rendah lemak

baik yogurt, susu, keju, atau produk susu lainnya penting untuk kesehatan ibu menyusui dan ASI. Selain mengandung protein, vitamin B, dan vitamin D, produk susu juga merupakan sumber kalsium terbaik. Jika anda menyusui, ASI anda akan mengandung kalsium untuk membantu perkembangan tulang bayi, jadi penting kiranya untuk mengkonsumsi cukup kalsium untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda sendiri. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi produk susu setidaknya 3 kali sehari bersama makanan lainnya.

3. Daging (sapi) rendah lemak

Jika anda mencari makanan untuk menambah energi anda setelah melahirkan, maka carilah makanan dengan kandungan tinggi zat besi seperti daging sapi yang rendah lemak. Kekurangan zat besi dapat menurunkan level energi anda, membuat anda sulit untuk memenuhi kebutuhan bayi yang baru saja anda lahirkan.

Ketika anda menyusui, anda juga membutuhkan protein ekstra dan vitamin B-12. Daging sapi rendah lemak merupakan sumber terbaik untuk keduanya.

4. Polong-polongan

Kacang, khususnya kacang yang berwarna gelap dan kacang merah, adalah makanan yang baik untuk ibu menyusui, khususnya untuk vegetatrian. Tidak hanya karena kaya besi, juga murah untuk kualitas protein non-hewani yang berkualitas tinggi.

5. Blueberry

Ibu yang menyusui seharusnya mengkonsumsi buah dua kali sehari atau lebih. Blueberry kaya akan antioksidan dan merupakan pilihan bagus untuk mencukupi kebutuhan anda. Berry (arbei) tersebut selain enak juga mengandung viramin yang baik untuk anda begitu juga mineral dan buah tersebut juga memberikan karbohidrat dalam jumlah tepat untuk menjaga energi anda.

6. Beras Merah

Jika anda mencoba untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan, maka anda harus mencoba untuk mengurangi konsumsi karbohidrat anda. Namun penurunan berat badan terlalu cepat akan menyebabkan kurangnya produksi ASI untuk bayi serta menjadikan anda merasa lemah dan mengantuk. Lebih baik jika mengkonsumsi karbohidrat yang berasal dari gandum, seperti beras merah dalam menu anda untuk menjaga energi anda tetap cukup. Beras merah juga berperan sebagai sumber kalori yang dibutuhkan untuk menghasilkan kualitas ASI terbaik untuk bayi anda.

7. Jeruk

Sebagai buah bernutrisi dan mudah didapat, Jeruk merupakan makanan yang baik untuk memberikan energi pada ibu yang baru saja melahirkan. Karena ibu yang menyusui memerlukan vitamin C lebih banyak dari pada ibu hamil, maka jeruk dan buah sejenisnya adalah makanan yang baik untuk ibu menyusui. Gampangnya, anda dapat membawa jus jeruk sepanjang perjalanan anda jika anda tidak bisa menyempatkan khusus membeli jeruk, dengan begitu anda akan mendapatkan keuntungan dari vitamin C dan dapat memenuhi pengayaan vitamin C, dari minuman anda.

8. Telur

Kuning telur merupakan salah satu dari sedikit sumber vitamin D – yaitu zat esensial untuk menjaga tulang tetap kuat dan membantu pertumbuhan tulang bayi anda. Disamping itu, telur merupakan alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein anda. Cobalah memakan telur di setiap menu makanan anda.

9. Roti Gandum

Asam folat sangat penting untuk perkembangan bayi anda dalam masa awal kehamilan. Dan perannya tidak hanya di waktu itu. Asam folat merupakan nutrisi penting untuk ASI yang dibutuhkan oleh bayi anda untuk tetap sehat. Dan penting bagi anda untuk mencukupi kebutuhan asam folat agar tetap sehat. Roti gandum dan beberapa pasta ada yang diperkaya dengan zat ini.

10. Sayuran Hijau

Daftar keuntungan dari mengkonsumsi dedaunan hijau seperti bayam, lobak dan brokoli terus bertambah. Makanan tersebut mangandung vitamin A, yang dibutuhkan bayi anda melalui ASI. Makanan tersebut juga merupakan sumber kalsium non-susu. Juga mengandung vitgamin C dan zat besi. Disamping itu, sayuran hijau juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung, rendah kalori, dan enak.

11. Sereal Gandum

Jika anda kurang tidur di malam hari, maka salah satu sarapan untuk memberikan energi bagi anda para ibu di pagi hari adalah sereal gandum. Banyak sereal yang telah diperkaya dengan vitamin dan zat nutrisi esensial guna mencukupi kebutuhan sehari-hari anda. Dapat juga anda membuatnya dengan mencampurkan beberapa buah blueberry dan susu.

12. Air

Dehidrasi merupakan salah satu faktor penguras energi. Dan anda, ibu menyusui, beresiko terkena dehidrasi. Untuk menjaga energi dan produksi ASI anda, pastikan anda meminum setidaknya delapan gelas cairan setiap hari. Anda dapat memperkaya pilihan minuman antara lain dengan jus dan susu, namun hati-hati dengan minuman berkafein seperti kopi dan teh. Anda boleh mengkonsumsinya tapi hanya dalam jumlah kecil atau gantilah dengan jenis minuman non-kafein. Hal ini karena kafein dapat masuk ke dalam ASI dan terkonsentrasi didalam tubuh bayi anda.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: