• ...learn how to express correctly...

  • Tanggalan

    Desember 2010
    S S R K J S M
    « Nov   Jan »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
  • Kategori

  • Tweeted

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • Arsip

15 Tanda Kanker Yang Tidak Diindahkan Wanita

Dibawah ini adalah 15 tanda yang sebaiknya ditanyakan kepada dokter. Tanda-tanda tersebut tidak secara otomatis menjadikan pemiliknya terkena kanker, namun adanya tanda-tanda tersebut memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

No. 1: Penurunan Berat Badan Tanpa Sebab Yang Jelas

Banyak wanita merasa senang dengan penurunan berat badan tanpa latihan. Namun penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas – misalkan 4-5 kg dalam satu bulan, tanpa adanya peningkatan latihan ataupun pengurangan asupan makanan – hendaknya diperiksakan ke dokter.

Tanyakan pada dokter anda tentang adakah kelainan fungsi kelenjar thyroid anda, atau mungkin apakah terdapat kelainan di organ lain.

No. 2: Kembung

Kembung umum terjadi pada banyak wanita. Tapi kembung tanpa sebab yang jelas dan disertai dengan nyeri perut, nyeri panggul, cepat kenyang – walaupun tidak makan banyak –, masalah buang air kecil (seperti sering ingin kencing) dapat mengarah ke kanker ovarium

Jika kembung terjadi hampir setiap hari dan berlangsung selama lebih dari beberapa minggu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter anda. Ceritakan pada dokter anda tentang riwayat terjadinya kembung tersebut mulai munculnya hingga anda periksa, dan mintalah pemeriksaan laborat jika diperlukan.

No. 3: Perubahan Payudara

Sebagian besar wanita mengenali payudaranya dengan baik walaupun mereka tidak rutin melakukan pemeriksaan sendiri. Mereka juga tahu untuk mewaspadai jika terdapat benjolan. Tapi benjolan bukan satu-satunya gejala pada payudara yang bisa mengarah ke kanker. Kemerahan dan penebalan kulit pada payudara, dapat menunjukkan bentuk yang sangat jarang namun agresif dari kanker payudara, yaitu kanker payudara tipe inflamasi. Maka adanya tanda tersebut juga perlu diperiksakan ke dokter.

Demikian juga, jika terdapat perubahan tampilan puting, atau jika terdapat cairan yang keluar (sedang anda tidak menyusui), maka periksakan diri ke dokter Anda.

Jika Anda mendapati adanya perubahan pada payudara, maka ceritakan pada dokter tentang riwayat perubahan tersebut. Jika belum cukup dengan pemeriksaan payudara sederhana, mintalah tes seperti mammogram, USG, MRI, dan mungkin biopsi.

No. 4: Perdarahan Di Luar Haid atau Perdarahan Yang Tidak Biasa

Kesalahan yang sering terjadi adalah wanita premenopause cenderung mengabaikan perdarahan antara periode haid dan perdarahan dari saluran cerna. Perdarahan diantara periode haid pada orang yang biasa haid teratur hendaknya diperiksakan ke dokter, begitu juga pendarahan setelah menopause. Karena bisa jadi hal itu merupakan gejala kanker endometrium. Sedangkan perdarahan saluran cerna bisa menjadi gejala dari kanker kolorektal.

Amati pola perdarahan anda, jika seorang wanita tidak terbiasa mengalami flek diantara periode haid kemudian dia mengalaminya, maka hal itu tidak wajar. Lain halnya dengan wanita yang memang biasa mengalami flek diantara periode haid. Kanker endometrium adalah kanker ginekologi, yang tiga perempat penderitanya mengalami perdarahan abnormal sebagai tanda awal.

Dokter akan menanyai riwayat perdarahan tersebut secara teliti, yakni tentang waktu perdarahan dan gejala lain, dapat pula dilakukan USG atau biopsi jika dirasa perlu.

No. 5: Perubahan Kulit

Kita harus waspada jika terjadi perubahan pada tahi lalat yang kita miliki. Tapi tidak hanya itu, kita juga harus memperhatikan perubahan warna kulit yang tidak biasa.

Jika Anda tiba-tiba mengalami perdarahan atau penebalan pada kulit yang berlebihan, sebaiknya periksakan pada dokter anda. Bawalah ke dokter jika keadaaan tersebut tidak membaik dalam hitungan minggu.

No. 6: Sulit Menelan

Jika Anda memiliki kesulitan menelan, mungkin dapat diatasi dengan mengubah jenis makanan Anda, mungkin dapat beralih ke sup atau makanan cair lainnya. Tapi sulit menelan tanpa sebab yang jelas bisa menjadi tanda kanker, seperti kanker di kerongkongan. Periksakan diri anda ke dokter jika gejala tersebut tidak kunjung membaik, jika diperlukan dapat dilakukan pemeriksaan rontgen dada.

No. 7: Adanya darah di tempat yang tidak semestinya

Jika Anda melihat darah dalam urin atau kotoran Anda, jangan langsung beranggapan itu hanya wasir. Lebih baik periksakan diri anda ke dokter untuk mengetahui sumber perdarahannya.

Adanya darah dalam toilet, saat buang air kecil,  bisa berasal dari darah menstruasi. Tetapi jika tidak, maka hendaknya andamemeriksakan diri ke dokter untuk menyingkirkan kemungkinan kanker kandung kemih atau ginjal.

Batuk darah juga hendaknya diperiksakan. Jika hanya terjadi sekali mungkin saja tidak bermakna apa-apa. Namun jika terjadi lebih dari sekali, maka periksakan diri anda.

No. 8: Sakit Perut Yang Mengganggu disertai Depresi

Wanita yang mengalami sakit perut yang mengganggu disertai depresi hendaknya memeriksakan diri ke dokter. Terdapat beberapa penelitian tentang adanya hubungan antara kanker pankreas dan depresi, walaupun mekanismenya masih belum jelas.

No. 9: Gangguan Pencernaan

Wanita yang pernah hamil mungkin tahu rasanya gangguan pencernaan yang terjadi saat berat kehamilan mereka bertambah. Tapi gangguan pencernaan tanpa alasan yang jelas dapat menjadi tanda bahaya.

Gejala itu bisa menjadi penanda awal untuk kanker kerongkongan, perut, atau tenggorokan. Segera periksakan diri anda ke dokter jika mengalami gangguan pencernaan tanpa alasan yang jelas.

No. 10: Perubahan Mulut

Para perokok harus waspada akan adanya bercak putih di dalam mulut atau bintik-bintik putih di lidah. Menurut American Cancer Society, keduanya dapat menunjuk ke kondisi prakanker yang disebut leukoplakia yang dapat berkembang menjadi kanker mulut.

Tanyakan dokter gigi atau dokter tentang keadaan anda dan mintalah saran tentang hal yang seharusnya dilakukan kemudian.

No. 11: Nyeri

Rasa nyeri sering terjadi pada orang lanjut usia. Rasa nyeri tidak selalu berasal dari kanker meskipun ada sedikit kanker yang menimbulkan rasa nyeri. Rasa sakit yang terus berlanjut dan tidak dapat dijelaskan sumbernya perlu diperiksakan ke dokter.

No. 12: Perubahan Kelenjar Getah Bening

Jika Anda melihat benjolan atau pembengkakan di kelenjar getah bening di bawah ketiak , di leher Anda, atau di mana pun, maka sebaiknya anda memeriksakan diri.

Periksakan diri anda jika kelenjar tersebut terus bertambah besar dan telah berlangsung selama lebih dari sebulan. Dokter akan mencari penyebabnya umumnya seperti infeksi, atau yang lainnya.

Jika tidak ditemukan penyebab pasti, maka dokter biasanya akan melakukan biopsi.

No. 13: Demam

Jika Anda mengalami demam yang tidak jelas asalnya, bukan karena influenza atau infeksi lainnya, maka gejala itu bisa menunjukkan kanker. Menurut American Cancer Society demam lebih sering terjadi setelah kanker telah menyebar dari tempat asalnya, tetapi juga dapat menunjukkan fase awal, seperti pada kanker darah (leukemia atau limfoma).

Gejala-kanker lain yang menyertainya diantaranya penyakit kuning, atau perubahan warna kotoran Anda. Dokter akan mnanyakan riwayat demam anda secara teliti dan jika diperlukan akan dilakukan pemeriksaan yang lebih canggih.

No. 14: Lelah

Kelelahan adalah gejala lain yang tidak spesifik mengarah ke kanker. Menurut American Cancer Society, gejala ini dapat muncul setelah kanker berkembang, tetapi juga mungkin terjadi di awal kanker tertentu, seperti leukemia atau pada kanker usus besar atau lambung.

No. 15: Batuk Terus Menerus

batuk biasa dikaitkan dengan pilek, flu, alergi, dan kadang-kadang karena efek samping obat. Namun batuk yang sangat lama – berlangsung lebih dari tiga atau empat minggu – hendaknya diperiksakan ke dokter. Tanyakan pada dokter anda tentang kemungkinan dilakukan pemeriksaan sinar X, terutama jika anda seorang perokok

Anda harapkan dokter Anda untuk mengambil sejarah hati-hati, memeriksa tenggorokan Anda, periksa fungsi paru-paru Anda dan mungkin agar sinar-X, terutama jika Anda adalah seorang perokok.

Kelima belas tanda diatas, sekali lagi, tidak secara OTOMATIS menjadikan pemiliknya terkena kanker dan bukan tanda PASTI kanker, tanda-tanda tersebut hanyalah penanda untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih lanjut.

Diterjemahkan dengan sedikit penyesuaian dari artikel :

Oleh: Kathleen Doheny, ditinjau oleh: Louise Chang, MD

Aslinya dapat dilihat di:

http://health.webmd.com/cgi-bin21/DM/y/nBH1U0PLYpI0GI0B8wL0Es

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: