• ...learn how to express correctly...

  • Tanggalan

    Desember 2010
    S S R K J S M
    « Nov   Jan »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
  • Kategori

  • Tweeted

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • Arsip

12 Cara Untuk Menghindari Komplikasi Diabetes

Pilih Sumber Karbohidrat Anda Dengan Hati-hati

Terkena diabetes tidak berarti Anda harus tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali. Pilih karbohidrat yang dipecah tubuh secara perlahan-lahan, sehingga dapat memberikan energi yang stabil. Makanlah biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan, dan sayuran segar dan buah-buahan. Anda dapat makan buah meskipun manis. Yang penting adalah memperhatikan jumlah karbohidrat yang tepat setiap kali makan. Ahli gizi dapat membantu Anda dsalam menentukan jumlah yang tepat bagi Anda.

 

Jika Perlu, Turunkan Berat Badan Anda

Mulailah secara perlahan dan sedikit demi sedikit. Penurunan 4-6 kg dapat mengurangi risiko komplikasi diabetes. Hal ini akan membantu menurunkan gula darah dan tekanan darah, dan memperbaiki profil lemak dalam darah anda. Anda juga akan memiliki lebih banyak energi. Anda siap? Cobalah untuk membakar kalori lebih dari yang anda makan. Untuk memulai, cobalah kurangi satu makanan berlemak tinggi dari diet anda seperti keripik atau kentang goreng.

 

Tidurlah Yang Cukup

Kurang tidur dapat memicu peningkatan kadar glukosa darah dan menimbulkan keinginan untuk makan makanan tinggi karbohidrat. Sehingga dapat menyebabkan penambahan berat badan, meningkatkan resiko komplikasi seperti penyakit jantung dan ginjal. Jadi tidurlah selama tujuh atau delapan jam semalam. Jika Anda mengalami sleep apnea, maka pergilah ke dokter. Karena dengan hilangnya sleep apnea dapat meningkatkan kualitas tidur dan menurunkan kadar gula darah anda.

 

Jadilah Aktif: Olahraga dan Diabetes

Pilihlah olahraga yang anda sukai – berjalan, menari, bersepeda, atau walau hanya berjalan di tempat saat anda sedang menelpon. Lakukan selama setengah jam per hari. Latihan dapat membantu Anda menurunkan resiko kardiovaskular, kolesterol, dan tingkat tekanan darah anda, serta menjaga berat badan anda. Olahraga juga mengurangi stres dan dapat membantu anda dalam mengurangi konsumsi obat diabetes.

 

Pantau Gula Darah Harian Anda

Memeriksa kadar glukosa darah dapat membantu Anda menghindari komplikasi diabetes, seperti nyeri saraf, atau mencegahnya semakin parah. Dengan memantaunya juga dapat membantu anda melihat pengaruh makanan dan kegiatan terhadap kadar gula darah anda, dan apakah pengobatan anda berhasil. Dokter akan membantu anda dalam menentukan target gula darah anda. Semakin anda mendekati target anda, maka anda akan merasa semakin baik.

 

Mengelola Stres

Stres dapat menyebabkan kadar glukosa darah anda meningkat. Singkirkan stress apapun yang menimpa anda baik stress fisik maupun mental. Belajarlah mengatasi masalah anda dengan orang lain. Relaksasi dapat sangat efektif, khususnya jika anda memiliki diabetes tipe 2.

 

Mengurangi Garam

Kurangi garam dalam diet anda. Hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi ginjal Anda. Perhatikan juga kadar garam dalam makanan olahan. Sedapat mungkin gunakan bahan-bahan makanan segar. Bumbui dengan bumbu dan rempah-rempah untuk mengurangi garam saat anda memasak.

 

Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes

Penyakit jantung bisa menjadi komplikasi serius diabetes. Anda dapat mengawasi risiko tersebut dengan memeriksa ABC:

A: A1C level

Kadar A1C merupakan ukuran rata-rata kendali gula darah anda selama 2-3 bulan terakhir. A1C perlu diperiksa dua kali atau lebih dalam setahun. Diskusikanlah dengan dokter tentang tujuan kadar A1C yang diinginkan.

B : Blood Pressure

Tekanan darah.

Target: di bawah 130/80 mm Hg.

C: Cholesterol

Kolesterol.

Target: LDL di bawah 100 mg / dl, HDL di atas 40 mg / dl, dan trigliserida di bawah 150 mg / dl.

 

Merawat Bengkak dan Memar

Diabetes meningkatkan resiko infeksi dan memperlambat penyembuhan, sehingga perhatikanlah luka anda walaupun hanya luka goresan kecil dan luka karena garukan. Bersihkan luka anda, gunakan krim antibiotik dan perban yang steril. Pergilah ke dokter jika luka tidak membaik dalam beberapa hari. Periksa kaki Anda setiap hari untuk melihat adakah lecet, luka, kemerahan, atau bengkak. Lembabkan kaki anda untuk mencegah pecah-pecah

 

Hentikan Kebiasaan Merokok

Orang dengan diabetes yang merokok memiliki resiko kematian akibat komplikasi penyakit jantung daripada mereka yang tidak. Berhenti merokok akan membantu jantung dan paru-paru anda. Karena dengan berhenti merokok akan menurunkan tekanan darah dan risiko stroke, serangan jantung, kerusakan syaraf, dan penyakit ginjal. Berkonsultasilah kepada dokter tentang cara-cara berhenti merokok.
Pilih Makanan Dengan Kandungan Super, Bukan Ukuran Super

Tidak ada diet tunggal pada diabetes. Tapi ada dasar-dasar yang perlu diingat: konsumsilah makanan super seperti buah beri, ubi jalar, ikan dengan asam lemak omega-3, dan sayuran berdaun hijau gelap. Lihatlah label makanan saat membeli dan hindari lemak jenuh dan lemak trans. Sebaliknya, pilihlah lemak mono dan polyunsaturated seperti minyak zaitun. Konsultasikan hal ini dengan ahli gizi.

 

Kunjungi Dokter Secara Teratur

Kunjungi dokter Anda dua sampai empat kali dalam setahun. Jika anda memakai insulin atau belum memiliki kadar gula darah yang seimbang, maka anda harus mengunjungi dokter lebih sering lagi. Juga pergilah untuk pemeriksaan fisik dan mata setiap tahunnya. Anda harus mendapatkan skrining komplikasi di mata, saraf, dan ginjal, serta komplikasi lainnya. Pergilah ke dokter gigi dua kali setahun. Dan pastikan untuk memberitahu semua penyedia layanan kesehatan bahwa anda memiliki diabetes.

 

Diterjemahkan dengan penyesuaian dari:

http://diabetes.webmd.com/diabetes-complications-10/slideshow-avoid-damage?ecd=wnl_dia_122910

Reviewed by Louise Chang, MD on December 23, 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: