• ...learn how to express correctly...

  • Tanggalan

    Januari 2011
    S S R K J S M
    « Des   Feb »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Kategori

  • Tweeted

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • Arsip

Panduan Latihan Pada Diabetes Tipe 2

–         Pencegahan diabetes tipe 2

  • Pada orang dewasa yang berisiko tinggi, setidaknya dilakukan aktifitas fisik sedang-berat 2,5 jam per minggu sebagai bagian dari perubahan gaya hidup untuk mencegah diabetes tipe 2.
  • Aktivitas fisik dapat menurunkan risiko untuk terjadinya diabetes gestational.

 

–         Evaluasi pra-latihan untuk pasien dengan diabetes tipe 2

  • Evaluasi pra-latihan direkomendasikan untuk pasien dengan diabetes tipe 2 yang memiliki program kegiatan fisik yang lebih intens dari pada hanya jalan cepat.’
  • Elektrokardiogram pra-latihan dengan pembebanan untuk pasien tanpa gejala ditujukan bagi mereka yang memiliki risiko tinggi penyakit jantung.

 

–         • Aktivitas fisik untuk pasien dengan diabetes tipe 2

  • Kegiatan fisik yang direkomendasikan untuk orang dengan diabetes tipe 2 adalah latihan aerobik sedang-berat minimal 150 menit yang dilakukan dalam 3 hari selama seminggu, dan aktivitas fisik yang dilakukan tidak boleh lebih dari 2 hari berturut-turut.
  • Orang dengan diabetes tipe 2 perlu latihan resistansi (ketahanan) sedang-kuat minimal 2 sampai 3 hari per minggu.
  • Kombinasi latihan aerobik dan resistansi dengan pengawasan memiliki manfaat lebih besar.
  • Aktivitas fisik yang lebih ringan akan memberikan hasil yang beragam.
  • Dianjurkan peningkatan aktivitas fisik harian total walau tak teratur.
  • Latihan yang tidak terjadwal seharusnya tidak menggantikan aktivitas fisik lainnya yang telah direkomendasikan.
  • Pasien dengan kadar glukosa darah lebih dari 300 mg / dL melakukan akitivitasnya secara hati-hati.
  • Suplemen karbohidrat atau perubahan dosis obat mungkin diperlukan untuk mencegah hipoglikemia pada mereka yang diterapi insulin dan sekretagog insulin.
  • Rekomendasi untuk pasien dengan komplikasi diabetes antara lain: program rehabilitasi jantung dibawah pengawasan jika didapatkan kejadian angina dan jika tergolong risiko sedang atau tinggi, perawatan kaki jika didapatkan neuropati perifer, coba test olahraga dengan beban dan tentukan intensitas latihan jika terdapat neuropati otonom kardiovaskular, hindari aktivitas fisik yang meningkatkan tekanan intraokular dan risiko perdarahan pada pasien dengan retinopati proliferatif yang tidak terkontrol, dan lakukan skrining penyakit jantung pada pasien dengan penyakit ginjal.
  • Promosi aktivitas fisik harus mencakup pengembangan self-efficacy, dukungan sosial, dan dukungan untuk aktivitas fisik ringan atau sedang.

 

Implikasi Klinis

  • Untuk orang dewasa yang berisiko diabetes mellitus tipe 2, aktivitas fisik yang dianjurkan adalah minimal 2,5 jam per minggu berupa aktivitas fisik sedang-berat untuk mencegah perkembangan penyakit ini.
  • Kegiatan fisik yang direkomendasikan untuk orang dengan diabetes mellitus tipe 2 adalah latihan aerobik sedang hingga kuat paling sedikit 150 menit per minggu, paling tidak selama 3 hari dalam seminggu, dengan tidak lebih dari 2 hari berturut-turut antara latihan tersebut. Direkomendasikan juga latihan resistansi sedang-kuat selama 2 sampai 3 hari per minggu.

 

Text Asli:

  • Prevention of type 2 diabetes
    • In high-risk adults, at least 2.5 hours per week of moderate to vigorous physical activity is recommended as part of lifestyle changes to prevent type 2 diabetes.
    • Physical activity might decrease the risk for the development of gestational diabetes.
  • Pre-exercise evaluation for patients with type 2 diabetes
    • Pre-exercise evaluation is recommended for sedentary patients with type 2 diabetes who plan physical activity more intense than brisk walking.
    • Pre-exercise electrocardiogram exercise stress testing for asymptomatic patients might be indicated for those at high risk for cardiovascular disease.
  • Physical activity for patients with type 2 diabetes
    • The recommended physical activity for persons with type 2 diabetes is at least 150 minutes per week of moderate to vigorous aerobic exercise spread out during at least 3 days of the week, with no more than 2 consecutive days between physical activity.
    • Persons with type 2 diabetes need moderate to vigorous resistance training at least 2 to 3 days per week.
    • Supervised and combined aerobic and resistance training might have greater benefits.
    • Milder physical activity has mixed results.
    • Increase in total daily unstructured physical activity is recommended.
    • Flexibility training should not replace other recommended physical activity.
    • Patients with blood glucose levels greater than 300 mg/dL should use caution.
    • Carbohydrate supplementation or medication dose changes might be needed to prevent hypoglycemia in those taking insulin and insulin secretagogues.
    • Recommendations for patients with diabetes complications include a supervised cardiac rehabilitation program if angina is present and is classified as moderate or high risk, foot care if there is peripheral neuropathy, possible exercise stress test and prescribed exercise intensity if there is cardiovascular autonomic neuropathy, avoidance of physical activity that increases intraocular pressure and hemorrhage risk in uncontrolled proliferative retinopathy, and screening for cardiovascular disease in kidney disease.
    • Promoting physical activity should include development of self-efficacy, social support, and encouragement of mild or moderate physical activity.

Clinical Implications

  • For adults at risk for type 2 diabetes mellitus, the recommended physical activity is at least 2.5 hours per week of moderate to vigorous physical activity to prevent the development of this disease.
  • The recommended physical activity for persons with type 2 diabetes mellitus is at least 150 minutes per week of moderate to vigorous aerobic exercise during at least 3 days of the week, with no more than 2 consecutive days between exercise. Moderate to vigorous resistance training for 2 to 3 days per week is also recommended.

 

Sumber:

New Guidelines for Exercise in Type 2 Diabetes CME

News Author: Fran Lowry

CME Author: Penny Murata, MD

http://www.medscape.org/viewarticle/734359?src=cmemp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: