• ...learn how to express correctly...

  • Tanggalan

    Januari 2011
    S S R K J S M
    « Des   Feb »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Kategori

  • Tweeted

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • Arsip

NSAID dan Resiko Kardiovaskuler

Sebuah artikel penelitian yang dipublikasikan tanggal 12 Januari 2011, dengan judul All Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs Have Cardiovascular Risks, menunjukkan bahwa NSAID, baik selektif COX-2 maupun tidak, memiliki resiko kardiovaskuler,

Penelitian ini melibatkan 116,429 pasien, dan menggunakan naproxen, ibuprofen, diclofenac, celecoxib, etoricoxib, lumiracoxib, rofecoxib, dan plasebo.

Peneliti melihat adanya peningkatan kejadian infark miokard, stroke, dan kematian akibat penyakit kardiovaskuler pada pasien yang meminum NSAID tersebut. Rofecoxib memiliki resiko infark miokard tertinggi. Disusul Lumiracoxib. Ibuprofen memiliki resiko tertinggi stroke, disusul diclofenac. Etoricoxib dikaitkan dengan kejadian kematian akibat penyakit kardiovaskuler terbanyak dan diikuti diclofenac. (sebenernya ada tabelnya, tapi belum bisa ditampilkan)

Pasien yang akan diberikan resep NSAID harus diperiksa, apakah memiliki resiko penyakit kardiovaskuler atau tidak. Pasien dengan resiko kardiovaskuler yang memerlukan NSAID dapat diberikan dengan dosis serendah mungkin dan dalam waktu sesingkat mungkin.

Disamping itu, dalam artikel ini juga disebutkan bahwa tidak ada korelasi antara inhibitor selektif COX-2 dan resiko kejadian kardiovaskuler. Hal ini berlawanan dengan pernyataan sebelumnya yang menyebutkan bahwa resiko kardiovaskuler berkaitan dengan inhibitor selektif cyclooxygenase-2. Mekanisme yang paling terkenal adalah ketidak seimbangan antara prostasiklin dan thromboxane A2 sehingga menyebabkan peningkatan resiko trombosis. Namun peneliti menyatakan bahwa dengan tidak jelasnya hubungan antara resiko kardiovaskuler dan inhibitor spesifik COX-2 maka harus dipikirkan adanya mekanisme lain yang berpengaruh.

Artikel selengkapnya dapat dibaca langsung di:

All Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs Have Cardiovascular Risks, Allison Gandey, BMJ. 2011;342:c7086

http://www.medscape.com/viewarticle/735672

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: