• ...learn how to express correctly...

  • Tanggalan

    Mei 2011
    S S R K J S M
    « Apr   Jun »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • Kategori

  • Tweeted

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • Arsip

“Suplemen Kalsium Dengan Atau Tanpa Vitamin D Sedikit Meningkatkan Risiko Penyakit Kardiovaskular”

Ringkasan: Dalam analisis data dari Women’s Health Initiative, terdapat sedikit peningkatan tingkat kejadian penyakit kardiovaskuler, khususnya infark miokard, di antara wanita yang menggunakan suplemen kalsium, dengan atau tanpa disertai suplemen vitamin D.

Dasar Studi: Penggunaan suplemen kalsium dan vitamin D biasa digunakan untuk pencegahan dan pengobatan osteoporosis postmenopause. Bukti terbaru menunjukkan adanya kemungkinan hubungan antara suplemen dan penyakit kardiovaskular. Sebuah laporan awal dari Women’s Health Initiative tidak menemukan adanya hubungan, tetapi hasil tersebut dikaburkan oleh banyaknya penggunaan suplementasi pribadi oleh subjek penelitian.

Studi : Studi meta-analisis ini menggabungkan data dari studi WHI tentang kalsium dan vitamin D dengan data dari 8 uji coba lain. Setiap penggunaan kalsium dengan atau tanpa vitamin D dibandingkan dengan yang tidak menggunakan suplemen. Outcome penelitian terutama dinilai utama dari setiap dari 4 penyakit kardiovaskular: Infark Miokard, Stroke, Revaskularisasi Jantung, atau kematian akibat Penyakit Jantung Koroner.

Hasil : Wanita pada uji CaD WHI yang memakai suplemen kalsium pada dosis terendah tidak mengalami perubahan risiko setelah alokasi untuk pengobatan dengan kalsium dan vitamin D. Wanita yang tidak mengkonsumsi suplemen pada dosis terendah memiliki rasio yang berbahaya untuk penyakit kardiovaskuler sebesar 1,13 – 1,22 (P =.05 untuk MI atau stroke, P =.04 untuk MI atau revaskularisasi). Dalam percobaan meta analisis terkontrol, dengan data lengkap pada 28.072 peserta, risiko relatif MI untuk pasien yang memakai kalsium dengan atau tanpa vitamin D adalah 1,24 (1,07-1,45, P =. 004) dan untuk komposit MI dan stroke adalah 1,15 (1,03-1,27, P =. 009).

Sumber : Bolland MJ, et al. Calcium supplements with or without vitamin D and risk of cardiovascular events: reanalysis of the Women’s Health Initiative lnitiative limited access dataset and meta-analysis. BMJ 2011; April 19
MedAlert (MedAlert™)

2 Tanggapan

  1. Fat, nek resiko 1,24 ki sedikit ato banyak? kalo banyak tu seberapa kalo sedikit tu seberapa?

    • resiko 1.24 berarti dia beresiko 1.24 kali lebih besar terkena…kalo 1.24 masi terbilang sedikit…, kl g salah ku jadi bermakna kalau lebih dari 1.5, sedangkan kalau kurang dari 1 maka menjadi faktor proteksi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: