• ...learn how to express correctly...

  • Tanggalan

    November 2011
    S S R K J S M
    « Okt   Des »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
  • Kategori

  • Tweeted

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • Arsip

Asam Urat Tinggi Berkaitan Dengan Gout dan Diabetes

Studi menunjukkan orang dengan kadar asam urat tinggi bisa mempunyai resiko lebih tinggi terkena diabetes
By: Charlene Laino, Reviewed by Brunilda Nazario, MD

Nov. 11, 2011 (Chicago) – Orang yang terkena gout harus memastikan kadar asam urat mereka terkontrol, walaupun mereka tidak merasakan gejala nyeri sendi.

“Banyak orang disekitar kita dengan kadar asam urat yang tidak terkontrol dan kita terbiasa untuk tidak cemas, jika tidak ada gejala memangnya kenapa?” ujar Eric Matteson, MD, MPH, kepala rheumatology di Mayo Clinic Rochester, Minn.

Namun studi yang baru menunjukkan bahwa kadar asam urat tinggi dalam darah berkaitan dengan peningkatan resiko diabetes hampir sebesar 20% dan peningkatan resiko terkena penyakit ginjal lebih dari 40%.

Asam urat merupakan substansi yang dapat meningkat diatas normal dalam darah sehingga mengakibatkan gout.

Asam Urat Tinggi dan Diabetes

Dalam studi yang baru, peneliti menampilkan catatan dari sekitar 2,000 pria dengan gout dari database administrasi veteran. Tidak satupun pada awal studi yang menderita diabetes atau penyakit ginjal

Eswar Krishnan, MD, asisten professor rheumatology di Stanford University, mempresentasikan temuan tersebut di pertemuan tahunan American College of Rheumatology. Krishnan merupakan konsultan Takeda Pharmaceuticals International, yang memproduksi obat gout dan sekaligus membiayai studi ini.

Selama lebih dari tiga tahun, 9% dari pria dengan gout yang asam uratnya tidak terkontrol mengalami diabetes, sedangkan pria dengan asam urat terkontrol sebesar 6%.

Setelah memperhitungkan faktor risiko lain untuk diabetes, maka faktor risiko diabetes 19% lebih tinggi pada mereka dengan kadar asam urat tidak terkontrol

Kadar asam urat lebih dari 7 dianggap tidak terkontrol

Resiko Diabetes dan Penyakit Ginjal

Resiko per individu mungkin tidak banyak, namun institusi kesehatan nasional (amerika-pent) memperkirakan bahwa sekitar 6 juta pria amerika dewasa mengalami gout suatu saat dalam kehidupan mereka, dan kebanyakan dengan asam urat tidak terkontrol. Itu berarti sekitar sepuluh dari seribu orang berisiko terkena diabetes dan penyakit ginjal, ujar Matteson.

Studi kedua, dilakukan oleh peneliti yang sama menggunakan database yang sama, menunjukkan bahwa setelah lebih dari 3 tahun, pria dengan gout dan kadar asam urat yang tidak terkontrol mempunyai resiko penyakit ginjal 40% lebih besar dibandingkan pria dengan asam urat terkontrol.

Studi-studi tersebut tidak membuktikan bahwa kadar asam urat yang tidak terkontrol menyebabkan langsung masalah kesehatan, namun menunjukkan keterkaitan antara peningkatan kadarnya dengan masalah kesehatan tersebut.

“Gout adalah penyakit yang sangat minim terawat,” kata Matteson. “Sekarang kita menemukan bahwa asam urat yang tinggi itu sendiri, bahkan jika Anda tidak pernah terkena gout sekalipun, terkait dengan peningkatan kejadian serangan jantung, sindrom metabolik, diabetes, bahkan kematian akibat penyakit kardiovaskular.”

“Akan sangat dianjurkan untuk mengontrol kadar asam urat, melalui diet atau obat-obatan”, katanya.

”Yang paling penting, menjaga berat badan yang sehat”, kata Matteson. Obesitas merupakan faktor risiko utama untuk semua kondisi ini.

diterjemahkan semampunya secara bebas dari :

High Uric Acid Linked to Both Gout And Diabetes
http://arthritis.webmd.com/news/20111111/high-uric-acid-linked-to-both-gout-and-diabetes?ecd=wnl_day_111411

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: