• ...learn how to express correctly...

  • Tanggalan

    Februari 2012
    S S R K J S M
    « Jan   Mar »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    272829  
  • Kategori

  • Tweeted

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • Arsip

“Apa Yang Menyebabkan Gigi Sensitif ?”

Menggunakan Mouthwash Terlalu Banyak
Jika Anda sering memakai obat kumur sepanjang hari, anda mungkin menjadikan diri anda rentan mengalami gigi sensitif. Itu karena beberapa obat kumur mengandung asam yang dapat membuat gigi yang sebelumnya sensitif menjadi semakin buruk.
Solusi: Tanyakan dokter gigi Anda tentang obat kumur berfluoride yang netral.

Makan Makanan Asam
Apakah anda gemar memakan tomat, sitrus, jus buah, dan makanan asam lainnya?
Gigi anda tidak terlalu suka hal itu. Jika anda terlalu banyak menikmati makanan dan minuman yang kaya asam, anda akan mengikis enamel protektif pada gigi anda, sehingga terbukalah lapisan dentin yang rentan di bawahnya. Tidak bisa membatasi diri mengkonsumsinya? maka bantulah menetralkan asam tersebut dengan sepotong keju atau segelas susu setelah makan.

Pemutih Gigi Dan Beberapa Pasta Gigi
Hampir semua orang ingin tersenyum cerah, namun bagi sebagian orang, pemutih gigi dan pasta gigi dengan larutan pemutih berbahan peroksida dapat menyebabkan gigi sensitif. Sensitivitas yang terjadi sering bersifat sementara, ia akan hilang setelah anda berhenti menggunakan produk tersebut. Mencari pilihan terbaik bagi anda? Bicarakan dengan dokter gigi Anda.

Gusi Yang Turun
Akar gigi anda berisi ribuan tabung kecil yang mengarah ke pusat saraf gigi anda. Biasanya akar gigi ditutup dan dilindungi oleh jaringan gusi. Tapi jika Anda memiliki penyakit periodontal, gusi dapat mulai menjaduh dari gigi, menjadikan akar yang ultra-sensitif tersebut terbuka. Gusi yang turun perlu bantuan dokter gigi, jadi bicarakan dengan dokter gigi Anda.

Menyikat Gigi Terlalu Keras
Apakah anda berpikir semakin keras menggosok gigi maka semakin bersih gigi anda? Pikirkan lagi. Menyikat terlalu keras (atau menggunakan sikat berbulu keras) dapat menyebabkan resesi gusi yang berakibat terbukanya akar gigi. Tindakan ini juga dapat menghilangkan enamel gigi Anda dan terbukalah lapisan dentin (kuning). Lubang di dentin berupa tabung yang sangat mikroskopis (biru) yang memungkinkan makanan panas, dingin, dan manis merangsang saraf gigi. Aduh!

Perawatan Gigi Terakhir
Terkadang menjaga gigi anda seputih mutiara dan dalam kondisi baik dengan perawatan gigi rutin justru bisa membuat mereka sensitif. Pembersihan gigi, penggantian mahkota, restorasi gigi, dan root planing dapat menyebabkan sensitivitas gigi jangka pendek. Jika Anda khawatir tentang hal ini sebelum pelaksanaan prosedur, bicaralah dengan dokter gigi Anda.

Gigi Yang Retak
Mengunyah es, menggigit permen yang keras, memiliki tambalan besar – dapat menyebabkan gigi retak bahkan patah. Sewaktu gigi retak, pulpa kaya syaraf yang tersembunyi jauh di dalam mungkin menjadi terganggu saat mengunyah dan menggosok gigi. Retak pada gigi juga dapat disinggahi dengan bakteri, menyebabkan peradangan yang dapat mengakibatkan rasa lebih sakit.

Menggesek-gesek Permukaan Gigi
Enamel gigi adalah bahan terkuat dalam tubuh anda, tapi ia tidak sebanding dengan kekuatan gesekan pada gigi anda. Seiring waktu, kebiasaan yang tidak disadari tersebut bisa menghilangkan enamel gigi, menjadikan saraf gigi anda lebih rentan. Pelindung mulut, Perubahan gaya hidup, dan bahkan penyesuaian diet dapat membantu memerangi kebiasaan ini.

Gigi Yang Busuk
Pembusukan akan menjadikan akar gigi anda terpapar ke seluruh penyebab iritasi: panas, dingin, permen, bahkan udara. Kebersihan mulut yang baik, makan yang benar, dan mengunjungi dokter gigi secara teratur adalah cara terbaik untuk melawan pembusukan dan menjaga gigi Anda dalam bentuk terbaik

Baik-baiklah Merawat Mulut Anda
Anda tidak harus melakukannya sendirian; bicaralah dengan dokter gigi anda untuk menemukan masalah apa di balik gigi sensitif anda. Untuk memperkuat gigi, anda mungkin perlu membuat beberapa perubahan rutinitas perawatan mulut anda, seperti beralih ke sikat gigi berbulu lembut, menggunakan pasta gigi desensitizing, atau mencoba obat kumur ber-fluoride.

diterjemahkan sebisanya dari:
What Causes Sensitive Teeth?.
URL:http://www.webmd.com/oral-health/healthy-teeth-10/slideshow-sensitive-teeth-causes?ecd=wnl_day_062711

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s