• ...learn how to express correctly...

  • Tanggalan

    April 2012
    S S R K J S M
    « Mar   Mei »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    30  
  • Kategori

  • Tweeted

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • Arsip

“Beberapa Hal Mengenai Teh”

Minum beberapa cangkir teh sehari mungkin baik untuk kesehatan Anda.

Daun teh berasal dari tanaman Camellia sinensis. Mereka mengandung antioksidan yang melawan radikal bebas, yang dapat merusak sel Antioksidan dapat mengurangi atau membantu mencegah beberapa kerusakan tersebut.

Apa perbedaan antara varietas utama teh?

Perbedaan antara ketiga varietas utama teh (hijau, hitam, dan oolong) terletak pada proses pembuatannya. Teh hitam terpapar udara, atau difermentasi, sehingga menggelapkan daunnya dan memberi rasa khas mereka. Teh hijau dibuat dengan pemanasan atau dengan mengukus daun sebentar. Sedangkan daun teh Oolong difermentasi parsial.

Apakah minum secangkir teh setiap hari merupakan cara yang pasti untuk mengurangi risiko kanker ?

Tidak ada bukti kuat bahwa minum teh dapat mencegah kanker pada kebanyakan orang; banyak faktor yang mempengaruhi risiko kanker. Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan minum teh dengan risiko terkena kanker yang lebih rendah bagi sekelompok orang. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan kelompok tersebut.

Minum teh hijau dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat membantu mengekang beberapa faktor risiko penyakit jantung, antara lain faktor berat badan, tekanan darah, dan penyerapan kolesterol. Namun, FDA menolak petisi yang diajukan oleh pembuat teh hijau yang ingin menaruh klaim kesehatan jantung ini pada label produk, mereka beralasan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang kredibel untuk mendukung klaim tersebut.

Orang yang rutin mengontrol tingkat gula darah mereka dapat mengambil manfaat dari minum teh hijau.

Adabeberapa bukti bahwa teh hijau dapat membantu kontrol tingkat gula darah, bagaimanapun, hal ini belum banyak diuji pada manusia. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui berapa banyak jumlah teh hijau yang diperlukan dan apakah teh hijau juga membantu menjaga berat badan dan lemak tubuh.

Penelitian terkait dengan manfaat kesehatan dari teh hijau, hitam, atau oolong tidak mengikutsertakan teh herbal.

Teh herbal tidak terbuat dari tanaman Camellia sinensis dan sebenarnya bukan termasuk teh. Teh herbal merupakan hasil dari infusa daun, akar, kulit kayu, biji, atau bunga dari jenis tanaman. Teh herbal yang umum antara lain chamomile dan mint. Karena itu the herbal tersebut tidak ada kaitannya dengan berbagai manfaat kesehatan yang potensial dari teh hijau, hitam, atau oolong.

Teh yang baru diseduh memiliki antioksidan lebih banyak

Anda mendapatkan antioksidan terbanyak dari teh yang baru diseduh; senyawa tersebut berkurang dalam teh instan, teh tanpa kafein, dan teh botol.Para peneliti belum menentukan anjuran berapa cangkir teh hijau yang baru diseduh untuk setiap harinya, tapi orang di Asia biasa minum setidaknya tiga cangkir sehari.

Untuk membawa keluar antioksidan dalam teh, sebaiknya biarkan ia terendam selama beberapa menit

Penyeduhan teh segar adalah cara untuk mendapatkan antioksidan terbanyak dari teh, sehingga mengetahui berapa lama merendam teh merupakan bagian penting dari proses penyeduhan teh. Tiga sampai lima menit adalah waktu yang disarankan waktu untuk memaksimalkan manfaat teh.

Segelas es teh tidak mengandung jumlah antioksidan yang sama seperti secangkir teh hangat.

Es teh seringkali mengandung jumlah katekin yang rendah bahkan sampai “dapat diabaikan” jika dibandingkan dengan konsentrasi tinggi yang ditemukan dalam secangkir teh panas, karena penambahan air pada seduhan teh (pada es teh) akan mencairkan konsentrasi. Namun, es teh dan teh panas bisa saja mengandung tingkat antioksidan yang hampir sama, jika ketika menyiapkan es teh, Anda menggunakan teh 50% lebih banyak dari saat mempersiapkan jumlah untuk teh panas untuk mengantisipasi dilusi nantinya.

Apa itu teh campuran (blended tea)

Teh campuran dibuat dari teh dengan asal yang berbeda, kemudian dikombinasikan sedemikian rupa untuk mencapai rasa tertentu.

 Teh hijau belum terbukti baik bagi anak-anak.

Sedikit yang diketahui tentang efek teh hijau terhadap anak-anak karena penelitian tentang teh hijau selama ini dilakukan pada orang dewasa.

 Siapa yang harus memantau konsumsi teh hijau nya secara hati-hati?

Teh hijau mengandung kafein, jadi wanita hamil atau mereka yang sedang menyusui sebaiknya tidak minum lebih dari satu atau dua porsi teh hijau per hari, menurut American Dietetic Association. Orang dengan denyut jantung tidak teratur atau gangguan kecemasan juga harus berhati-hati terhadap jumlah kafein yang mereka dapatkan, baik dari teh hijau maupun sumber lainnya.

 Kapan minum teh hitam dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi?

Sebuah penelitian di Swiss menemukan bahwa minum teh hitam bersama dengan makanan akan mengurangi penyerapan zat besi sebesar 79% hingga 94% bila dibandingkan dengan konsumsi air putih. Orang dengan defisiensi zat besi sebaiknya minum teh hanya di antara waktu makan bukan saat makan.

Diterjemahkan semampunya dari:

The Truth About Tea

http://www.webmd.com/diet/rm-quiz-green-tea?ecd=wnl_day_041312

3 Tanggapan

  1. Baru ingat, satu penelitian (masih confidential, kmrn dibahas pas jurnal reading) ttg teh hijau pd Sindrom Down, mnunjukkan kalau teh hijau meningkatkan kemampuan mental (gtw parameternya apa aja, mgkin IQ dkk) pd sindrom Down, skr diteliti pd org normal jg..let’s see..🙂

    • hmm…, penelitian utk “orang normal” nya berarti anak2 ya sis…?? wah bisa2 nanti ada rutinitas minum teh juga pada anak selain minum susu..:D

  2. Hehe.. iya ya fath.. bisa-bisa nanti sebelum ujian rame2 pada minum teh.. hmm.. lucu juga dipikir2.. nggak tau ah.. hehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: