• ...learn how to express correctly...

  • Tanggalan

    Mei 2012
    S S R K J S M
    « Apr   Jun »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Kategori

  • Tweeted

    Error: Please make sure the Twitter account is public.

  • Arsip

Terapi Adjuvant Menggunakan Kafein Dengan Dosis Sekitar 100 mg Atau Lebih Merupakan Analgesik Yang Efektif Untuk Pengelolaan Nyeri Akut Pada Orang Dewasa

Penulis <>DerryCJ,DerryS, Moore RA

Abstrak :

Kafein telah dimasukkan kedalam golongan analgesik umum seperti parasetamol, ibuprofen, dan aspirin, berdasarkan pendapat bahwa ia dapat meningkatkan efikasi analgesik. Bukti untuk mendukung pendapat ini masih terbatas dan sering didasarkan pada perbandingan yang tidak valid.

Tujuan:

Untuk menilai efektivitas relatif beberapa analgesik dosis tunggal plus kafein dalam nyeri akut, dibandingkan terhadap pemberian analgesik saja dengan dosis sama.

Metode Pencarian:

Kami mencari di CENTRAL, MEDLINE, EMBASE, dan Oxford Pain Relief database hingga Januari 2012, dan kami juga melakukan pencarian di Internet dan menghubungi perusahaan farmasi yang telah melakukan percobaan namun belum dipublikasikan.

Kriteria Seleksi:

Kami memasukkan penelitian acak, double blind yang membandingkan dosis tunggal analgesik plus kafein dengan dosis sama analgesik saja dalam pengobatan nyeri akut.

 

Pengumpulan Data dan Analisis:

Penelitian tersebut ditinjau oleh dua reviewer secara independen mengenai kelayakan dan kualitas, dan pengambilan datanya. Setiap perbedaan pendapat atau ketidakpastian diselesaikan dengan diskusi dengan reviewer ketiga. Kami mencari seluruh pengukuran efikasi analgesik yang valid, tetapi biasanya sebagian besar peserta mengalami penurunan nyeri sekitar 50% dari nyeri maksimal dalam waktu empat sampai enam jam, evaluasi umum pengobatan oleh peserta adalah baik atau sangat baik, atau berupa laporan bahwa sakit kepala reda setelah dua jam. Kami mengumpulkan data pembanding untuk mencari perbedaan signifikan secara statistik, dan menghitung Number Needed to Treat (NNT)* kafein. Kami juga mencari keunggulan secara numerik terkait dengan penambahan kafein, dan informasi tentang efek samping yang serius.

Hasil:

Kami mengidentifikasi 19 penelitian (7238 peserta) dengan perbandingan yang valid. Kebanyakan penelitian menggunakan parasetamol atau ibuprofen, ditambah 100 mg sampai 130 mg kafein, dan kondisi nyeri yang paling umum diteliti adalah rasa sakit pasca operasi gigi, nyeri setelah melahirkan, dan sakit kepala. Terdapat sedikit manfaat namun signifikan secara statistik pada penggunaan kafein dosis 100 mg atau lebih, tidak tergantung pada kondisi sakit atau jenis analgesik yang digunakan. Sekitar 5% sampai 10% lebih peserta merasakan redanya rasa sakit (setidaknya 50% dari maksimum) dengan penambahan kafein, dengan NNT sekitar 15. Kebanyakan perbandingan menunjukkan superioritas penggunaan kafein secara angka, namun tidak secara statistik. Terdapat satu efek samping serius dilaporkan dengan kafein, tetapi kemudian dianggap tidak ada kaitannya dengan penelitian obat manapun. Terdapat setidaknya 20 studi tambahan dengan 9785 peserta yang datanya tidak dapat analisis. Efek analgesik tambahan kafein tetap signifikan secara statistik tetapi kurang penting secara klinis bahkan jika semua data yang hilang kemudian diketahui tidak berefek (namun hal itu tidak mungkin).

Kesimpulan Penulis:

Penambahan kafein (= 100 mg) dengan dosis standar analgesik yang umum digunakan memberikan sedikit peningkatan namun penting jika dilihat dari proporsi peserta yang mengalami pengurangan nyeri.

Implikasi:

Implikasi untuk praktek:

Kafein adalah analgesik adjuvant yang efektif untuk nyeri akut pada dosis sekitar 100 mg atau lebih. obat ini memberikan tambahan sebesar 5% – 10% pasien mengalami pengurangan nyeri yang baik.

Implikasi untuk penelitian:

Bukti yang ada mungkin cukup untuk mendukung penggunaan kafein dengan analgesik. Mengingat jumlah penelitian dan pesertanya yang sangat besar dimana data-datanya belum tersedia, upaya yang harus dilakukan seharusnya lebih kepada mendapatkan data tersebut daripada melakukan studi tambahan. Penelitian tambahan mungkin dilakukan untuk mengeksplorasi tidak adanya respon dosis yang jelas untuk kafein selama rentang 65-200 mg, dan apakah ini berimplikasi pada mekanisme aksi adjuvant kafein.

 

*) NNT adalah jumlah orang yang harus dirawat selama suatu periode untuk mencapai suatu hasil (pengobatan) atau untuk mencegah suatu peristiwa (prophylaxis/perlindungan dari penyakit) atau suatu ukuran epidemiologis yang menandakan berapa pasien akan memerlukan perawatan dengan suatu bentuk dari pengobatan (dalam hal ini kafein –pen) untuk mengurangi jumlah kasus yang digambarkan (dalam hal ini nyeri –pen) dengan satu titik akhir (dalam hal ini: pengurangan nyeri –pen). (Tri Widyawati, Yunita Sari Pane. Dep. Farmakologi & Terapeutik, Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara)

 

Diterjemahkan semampunya dari:

publikasi MedAlert,13 April 2012

Adjuvant caffeine therapy at doses of about 100 mg or above is an effective analgesic for management of acute pain in adults

Citation <>Derry CJ,Derry S, Moore RA. Caffeine as an analgesic adjuvant for acute pain in adults. Cochrane Database of Systematic Reviews 2012, Issue 3. Art. No.: CD009281. DOI: 10.1002/14651858.CD009281.pub2

 

 

 

4 Tanggapan

  1. Mas, nulis yang untuk dokter umum dong. Yang praktis dan berguna buat nanti pas di daerah.

    • misalnya apa din..? ini juga bisa dipake di daerah, di pkm kan ada sediaan caffein 50 mg (..sediaan nya plus ergotamin..), bisa digunakan untuk serangan migraine..

  2. untuk orang yang punya darah tinggi bagaimana? terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: