• ...learn how to express correctly...

  • Tanggalan

    November 2012
    S S R K J S M
    « Jun   Des »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  
  • Kategori

  • Tweeted

    Error: Please make sure the Twitter account is public.

  • Arsip

“Hal-hal Kecil Seputar Flu”

Vitamin C dan Flu

Mengkonsumsi vitamin C tidak akan membantumu menghindari flu, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu memperpendek lama flu jika anda terkena lagi. Tapi jangan berebihan. Terlalu lama mengkonsumsi suplemen dapat mengakibatkan kram perut dan diare. Usahakan tidak lebih dari 2000 mg perhari. Jika anda pernah menderita batu ginjal maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter anda sebelum mengkonsumsi vitamin C

Tidak Nafsu Makan

Untuk membantu sistem kekebalan anda melawan flu, penting untuk tidak melewatkan waktu makan, bahkan dalam kondisi sakit sekalipun, bahkan walaupun sedang tidak lapar. Pastikan untuk makan karena hal itu akan membantu pemulihan kondisi tubuh. Pastikan anda minum cukup cairan, untuk mengganti cairan yang hilang melalui batuk, demam atau kongesti di saluran nafas.

Olahraga Yang Teratur

Olahraga yang teratur akan menjaga sistem kekebalan tubuh anda tetap kuat, dann dapat membantu anda menghindari flu yang berat. Anda juga akan memperpendek masa sakit anda. Boleh-boleh saja berolahraga dalam keadaan flu ringan. Tapi jika anda mengalami demam, nyeri di seluruh sendi, nyeri kepala maka anda sebaiknya beristirahat untuk memperbaiki kondisi anda.

Decongestan

Hidung mampet bisa mengakibatkan sumbatann pada telinga anda. Jika anda merasa telinga anda nyeri atau “penuh”, maka anda bisa menguranginya dengan obat yang mengandung decongestan.

Jus Jeruk dan Batuk

Jika anda batuk maka jangan menambah iritasi pada tenggorokan anda. Anda harus tetap banyak minum. Jangan mengkonsumsi jus yang mengandung asam sitrat (seperti jus jeruk), karena walaupun vitamin C baik bagi tubuh anda, namun asam sitrat akan memperburuk batuk anda.

Efek Withdrawal Pada Spray Decogestan

Spray decongestan dapat mengurangi sumbatan pada hidung, tapi obat ini memiliki efek withdrawal saat anda tidak menggunakannya lagi. Efek withdrawal akan mengakibatkan sumbatan hidung yang lebih berat dari sebelumnya dan akan timbul jika anda menggunakan spray decongestan lebih dari 3 hari berturut-turut.

Sup dan Teh

Beberapa makanan seperti teh dan sup akan memperkuat badan anda ika sakit, dan keduanya dapat meredakan beberapa gejala flu. Uap dari sup dan teh dapat melancarkan saluran hidung. Kedua makanan itu akan menjaga anda terehidrasi, dan meredakan nyeri tenggorokan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sup ayam dapat mengurangi reaksi radang.

Sinusitis

Ingus yang keluar dari hidung anda dapat berwarna kuning, putih, atau bahkan hijau saat anda flu. Jika ada nanah di ingus anda, lebih dari satu minggu, atau jika anda merasakan nyeri di gigi atau wajah lebih dari seminggu (terutama jika hanya satu sisi saja) maka hubungilah dokter untuk memeriksakan kemungkinan sinusitis.

Kapan Menular?

Anda dapat menularkan flu bahkan sebelum anda tahu anda terkena flu. Fase menular flu dimulai dari satu hari sebelum gejala muncul sampai sekitar lima hari kemudian. Anak-anak memiliki fase menular lebih lama yaitu hingga satu minggu atau lebih.

dterjemahkan secara bebas dari sumber:

Cold and Flu Remedies: What Works?

http://www.webmd.com/cold-and-flu/rm-quiz-cold-flu-remedies?ecd=wnl_day_111012&ctr=wnl-day-111012_ld-stry&mb=

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: